Tips dan Artikel

Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 Itu Penting. Ini Dia Tipsnya!

2020 October 11 00:28

Pandemi membuat kita mau tak mau harus membatasi aktivitas di luar rumah. Sebisa mungkin kita harus betah melakukan kegiatan apapun di dalam rumah, termasuk bekerja. Hal ini pastinya membuat kita menjadi jarang bersosialisasi, bahkan yang terburuk bisa membuat kita stress karena berita tentang pandemi setiap harinya. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya akan berdampak pada kesehatan mental kita. Nah, YPagers.. yuk disimak tips mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan di masa pandemi berikut ini.

  • Lakukan hobi yang disukai.

Menurut praktisi TCM, Ada Ooi, melakukan hobi dapat membantu menstimulasi pikiran dan mengisi waktu kekosongan. Sehingga dapat membantu menghilangkan stress yang dialami.

  • Detoksifikasi digital.

Kurangi segala aktivitas yang berhbungan dengan ponsel dan hindari segala pemberitaan mengenai pandemi. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasan yang timbul karena terlalu banyak membaca maupun mendengar berita tentang pandemi covid-19.

  • Berusaha untuk selalu bersyukur.

Dengan selalu bersyukur dapat mengarahkan otak ke pola pikir yang positif.  Jika kita selalu berusaha berpikir positif, maka akan lebih mudah untuk menghindari kecemasan yang berlebihan.

  • Cari udara segar, boleh kok!

Jika memang sudah merasa sangat jenuh, mencari udara segar tak masalah. Sekedar pergi ke minimarket pun bisa melegakan dari kejenuhan kok. Tapi jangan lupa untuk selalu mematuhi protocol kesehatan ya!

  • Jangan lupa olahraga

Ternyata berolahraga dapat melepaskan endorfin lho!  Endorfin adalah senyawa kimia neuropeptida opioid lokal dan hormon peptida yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh.

  • Buatlah daily plan

Kurangi rasa stress dan kecemasan dengan membuat planning apa yang akan YPagers lakukan untuk mengisi waktu luang. Misalnya dengan merencanakan me-time atau mengabiskan weekend bersama keluarga di rumah.

  • Jaga kesehatan

Dengan menjaga kesehatan fisikakan membantu pula dalam menjaga kesehatan mental lho! Hal ini bisa dilakukan dengan rutin berolahraga dan konsumsi vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Menjaga kesehtan mental tidak sulit kok, YPagers. Dengan melakukan hal-hal sederhana tadi, kita sudah bisa lho jaga kesehatan mental. Yuk mulai dari siri sendiri!

Source: https://lifestyle.okezone.com/read/2020/09/28/481/2284990/7-tips-menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-covid-19?page=2

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.