Tips dan Artikel

Jangan Jadikan Puasa Sebagai Alasan Tubuh Lemas. Ini Tips Sahur Untuk YPagers Agar Badan Tidak Lemas.

2019 May 27 07:25

Menjalankan ibadah puasa, tubuh memang memiliki cadangan energi yang lebih sedikit dari biasanya. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk mengurangi produktivitas kerja. Rasa lemas, haus dan lapar pasti akan dialami setiap orang yang berpuasa. Tapi YPagers bisa tetap segar dan semangat menjalani aktivitas, bila mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Jenis makanan yang dikonsumsi haruslah mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Berikut tips yang dapat YPagers terapkan saat makan sahur agar tidak lemas dalam berpuasa, seperti dilansir About:

Makan dengan Porsi Normal

Makanlah dengan porsi normal, seperti hari-hari biasanya. Menambah porsi makan, tidak akan membuat YPagers kenyang lebih lama hingga tiba waktu berbuka puasa. Makan yang berlebihan akan membuat perut kekenyangan dan tidak nyaman. Asupan makanan yang terlalu banyak, juga bisa membuat tubuh dehidrasi lebih cepat. Tapi jangan makan terlalu sedikit juga ya, karena tubuh akan kekurangan cadangan energi sehingga tubuh bisa lemas dan sulit berkonsentrasi kerja.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang lama dicerna tubuh sehingga bisa memberikan cadangan energi lebih lama. Karbohidrat kompleks terdapat pada nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Produk olahan gandum utuh, serta buah dan sayur yang kaya serat tidak hanya menyediakan energi tapi juga memperlambat sistem pencernaan sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Jenis-jenis makanan ini baik untuk mempertahankan energi yang diperlukan otot tubuh selama berpuasa. Selain itu, karbohidrat kompleks juga membantu tubuh menyerap air lebih efisien, sehingga terhindar dari kekurangan cairan. YPagers dapat memilih salah satu menu yang mengandung karbohidrat kompleks tadi ya.

Makan dengan Perlahan, Jangan Makan Terburu-buru

Makan terlalu cepat bisa mengganggu kadar gula dalam darah dan membuat perut terasa cepat lapar beberapa jam setelah sahur. Hal ini karena saat makan dengan cepat, tubuh akan bekerja lebih keras agar nutrisi bisa terserap. Karena proses itulah, nutrisi yang didapatkan tubuh pun kurang sempurna dan akibatnya tubuh cepat lemas. Pastikan YPagers bangun sahur tidak mepet dengan waktu imsak agar makan tidak terburu-buru ya.

Pilih Minum Air Putih Ketimbang Teh Manis

Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Disarankan mengonsumsi teh manis pada saat buka puasa saja, untuk lekas menggantikan energi yang hilang. Saat sahur, lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur tinggi air seperti semangka atau ketimun. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa sebabkan dehidrasi. Nah, itu lah beberapa tips yang dapat YellowPages bagikan kali ini. Semoga bermanfaat untuk YPagers ya. Selamat berpuasa, YPagers!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.