Tips dan Artikel

Jenis UMKM yang sesuai dengan YPagers yang berjiwa Kreatif

2018 July 21 15:25

Sulitnya persaingan dalam menemukan peluang usaha yang tepat membuat banyak orang berfikir mati-matian untuk menemukan ide yang berkualitas dan tentunya kreatif. Sayangnya, tidak semua ide yang dihasilkan mampu dijalankan secara baik dan benar.

Memang, ada banyak jenis usaha kreatif, khususnya di sektor UMKM yang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat. Namun sekali lagi, masih banyak yang gagal dalam menjalankannya.

Jadi daripada bingung, kali ini YellowPages telah merangkum beberapa jenis usaha yang mungkin bisa Anda jadikan referensi yang cocok serta bisa dijalankan secara baik hanya bagi Anda yang berjiwa kreatif. Antara lain:

Membuka usaha Kuliner kreatif

Dari masa ke masa, usaha kuliner memang dianggap tak pernah mati. Maka tak heran jika usaha jenis ini berada di posisi pertama. Dengan menuangkan ide-ide kreatif yang Anda miliki, maka peluang usaha kuliner bisa menjadi jauh lebih menarik dari biasanya dan bisa lebih mudah untuk diterima pasar saat ini.

Anda bisa saja berkreasi dengan nama usaha Anda, jenis menu makanan yang Anda sajikan, ataupun konsep tempat usaha kuliner yang Anda jalani. Beberapa hal tersebut adalah sesuatu yang kreatif yang paling mudah ditemukan dalam sebuah usaha kuliner ‘kekinian’ saat ini.

Usaha aksesoris kreatif dan unik

Di sektor UMKM, bisnis seperti ini adalah yang paling populer. Menariknya, bahkan usaha seperti ini bisa bersaing di pasar global, tentunya dengan ide kreatif yang dimiliki oleh si pengusaha.  Sebagai contoh, Anda bisa menciptakan peluang usaha aksesoris yang berasal dari bahan-bahan daur ulang, yang nantinya akan dijadikan gelang, manik-manik, kalung,cincin, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, bahkan usaha kreatif di bidang aksesoris ini nyatanya tumbuh sangat subur di daerah-daerah di Indonesia. Jadi, bagi Anda yang tinggal di daerah, jangan ragu untuk memulai UMKM kreatif seperti ini.

Usaha konveksi dan produk custom

Seiring perkembangan zaman, kini banyak orang-orang yang menginginkan fashionnya sendiri. Dalam arti, mereka menginginkan bentuk fashion yang menggambarkan karakter diri mereka sendiri.  Salah satu usaha yang mendukung hal tersebut adalah konveksi dan produk custom.

Dengan menggabungkan antara kreatifitas dan seni, maka Anda bisa dengan mudah menciptakan sebuah usaha di bidang ini. Dan yakinlah bahwa usaha ini mampu memberikan keuntungan yang besar saat ini.

 

Usaha lampu tidur dan lampu hias unik

Ada banyak usaha lampu hias atau lampu tidur yang ditawarkan oleh banyak pengusaha UMKM saat ini, namun tidak semuanya memiliki keunikan dan nilai kreatif terhadap produknya. Jadi dengan melihat adanya peluang usaha ini, segera lah untuk memulai dan pikirkan ide serta kreatifitas yang akan Anda lakukan terhadap produk yang akan ditawarkan.

Apalagi jika Anda memiliki jiwa seni, maka tak ada salahnya untuk menerapkan sebuah karya seni khusus dalam produk yang Anda miliki nantinya.

Usaha Daur Ulang Drum serta ban bekas

Dalam beberapa tahun terakhir, usaha mendaur ulang drum atau ban bekas tengah populer di kalangan anak muda.Ppasalnya, drum serta ban bekas tersebut bisa disulap menjadi sebuah furnitur yang memiliki nilai seni serta nilai jual cukup tinggi. Cobalah perhatikan beberapa cafe atau kedai kopi saat ini. Banyak dari mereka yang mengusung tema furnitur seperti ini.

Dengan jiwa kreatif yang Anda miliki, Anda bisa mengubah drum atau ban bekas tersebut menjadi sebuah bangku, kursi, meja dan berbagai furnitur lainnya. Cukup menarik bukan?

Usaha dari daur ulang plastik

Ingin usaha kreatif dengan modal yang minim, maka solusinya adalah dengan memulai usaha

daur ulang plastik. Bagaimana tidak, untuk bahan-bahan dasarnya sangat mudah Anda temukan di setiap pembuangan sampah. Salah satunya seperti plastik bungkusan, plastik shampoo, sabun dan berbagai peralatan berbahan plastik.

Jika Anda memiliki jiwa kreatif, maka sampah plastik bisa didaur ulang menjadi sebuah karya seni baru yang memiliki nilai jual. Seperti pot bunga, tas, manik-manik dan masih banyak lagi yang bisa Anda kembangkan dari usaha daur ulang plastik ini. Satu hal yang menguntungkan adalah, pasar untuk industri seperti ini masih sangat terbuka lebar dan cukup didukung oleh pemerintah.

 

Itulah tadi beberapa jenis usaha yang cukup memberikan banyak keuntungan jika dikelola secara baik dan benar oleh orang yang berjiwa kreatif. Sebenarnya masih ada lebih banyak jenis lainnya, namun itu semua tergantung dari ide dan kreatifitas yang Anda miliki untuk mengembangkan sebuah peluang usaha.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai usaha UMKM lainnya yang cocok untuk Anda, segera bergabung bersama YellowPages di YellowPages  dan temukan banyak solusi serta dukungan penuh untuk mengembangkan usaha Anda.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.