Tips dan Artikel

Ketahui 5 Tips Pemasaran yang Ampuh di Social Media

2018 April 26 12:17

Ingin menggunakan social media untuk memasarkan bisnis kecil kamu? Tapi tidak yakin dari mana untuk memulai? Berikut ini strategi sosial media marketing untuk memasarkan bisnis kecil kamu.

Biasanya bisnis berskala kecil, tidak mempunyai cukup sumber daya untuk menjalankan strategi social media marketing yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Namun, menggunakan social media dalam pemasaran bisnis skala kecil dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Bahkan, beberapa strategi tersebut adalah strategi yang cukup sederhana.

Berikut ini beberapa strategi social media marketing untuk bisnis skala kecil seperti dilansir Okezone, yang bisa kamu praktekkan nantinya. 

Lakukan Persiapan yang Matang

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membuat sebuah perencanaan yang matang, hal ini akan menjadi sebuah awal yang paling penting di dalam bisnis UKM yang kamu jalankan. Jangan membuat sejumlah rencana yang muluk-muluk dan mustahil untuk dijalankan, sebab besar kemungkinan kamu justru akan kesulitan dan bahkan gagal di dalam bisnis tersebut.

Persiapan ini akan melibatkan beberapa poin penting di dalam bisnis yang akan kamu jalankan, antara lain:

Persiapan dan Pemilihan Produk

Produk yang akan kamu jual tentu akan sangat berpengaruh pada sukses atau tidaknya kamu dalam menjalankan bisnis tersebut. Melakukan produksi sendiri atau bahkan hanya sekedar menjadi seorang reseller, kamu tetap harus memiliki keyakinan yang kuat pada produk yang akan kamu pasarkan tersebut. Pastikan produk yang dijual benar-benar memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan sejumlah produk sejenis lainnya di pasaran, sehingga bisnis kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sistem Pemasaran yang Baik

Kamu juga wajib untuk memiliki sebuah sistem pemasaran yang baik terhadap produk tersebut, sehingga bisnis kamu bisa berkembang dan menunjukkan adanya progres yang positif ke depannya. Jangan menerapkan sejumlah sistem yang menyulitkan dan membutuhkan sejumlah waktu yang lama untuk menjalankannya, sebab hal ini akan berpeluang untuk membuat kamu kehilangan pelanggan.

Standar Pelayanan dan Kebijakan Lainnya

Saat akan menjalankan sebuah bisnis apapun juga, sebagai pelaku usaha kamu wajib memiliki standar pelayanan terhadap para pelanggan. Hal ini akan menjadi sebuah nilai jual tersendiri, sebab pelanggan akan senang dan menjadi loyal ketika mereka menemukan produk yang mereka cari dan mendapatkan pelayanan yang baik di sebuah toko yang mereka kunjungi. Terapkan juga sejumlah kebijakan di dalam toko kamu, sehingga berbagai kendala dan juga masalah yang mungkin muncul nantinya, dapat teratasi dengan baik dan benar.

Baca Juga: Pahami Empat Hal Ini Agar Promosi Kamu Lebih Efektif

Pilih Media yang Tepat

Setelah persiapan di atas, maka sudah waktunya kamu menemukan dan memilih sebuah media yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut. Hal ini juga tentu harus dibarengi dengan sejumlah strategi dalam menjalankannya, sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Terapkan strategi pemasaran yang tepat pada tiga media sosial seperti di bawah ini:

A. Facebook

Kamu tentu paham betul bahwa pengguna media sosial yang satu ini terbilang sangat tinggi di Indonesia, jumlahnya bahkan mencapai 40 juta orang. Jadi akan sangat tepat jika kamu memilih untuk menjalankan bisnis kamu dengan menggunakan media ini, sebab peluang untuk meraih kesuksesan selalu terbuka dengan sangat lebar, terutama jika kamu memiliki kemampuan dalam mengelolanya dengan baik. Simak beberapa strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan di Facebook untuk mendatangkan angka penjualan yang maksimal:

Buat Fan Page

Fitur yang satu ini secara khusus memang diciptakan untuk menjadi sebuah sarana promosi bisnis. Ini menjadi salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan, termasuk dengan “mendadani” dan melangkapi halaman fan page dengan menarik dan juga lengkap, sehingga orang akan lebih mudah tertarik pada produk yang kamu jual di sana.

Share

Share halaman fan page kamu melalui akun pribadi Kamu, sehingga orang lebih mudah mengetahui dan mengunjunginya setelah mereka tertarik dengan berbagai produk yang terpajang di sana. Selanjutnya langkah ini bisa dilakukan dengan cara meng-update secara reguler, di mana semakin rajin Kamu melakukan update, maka akan semakin besar kemungkinan halaman tersebut di-share dan di-like oleh orang lain.

Gunakan Facebook Ads

Ini juga bisa Kamu gunakan sebagai langkah untuk menambah pengunjung dan juga pelanggan bagi produk yang kamu pasarkan, sehingga penjualan menjadi lebih lancar dan menghasilkan.

Berikan Respon dan Pelayanan yang Terbaik

Jangan sepelekan hal ini, sebab pengunjung fan page kamu akan lebih nyaman ketika mereka mendapatkan respon yang cepat dan juga positif bagi semua pertanyaan mereka. Berikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, agar mereka selalu loyal dan tetap setia pada produk Kamu.

B. Twitter

Media sosial yang satu ini juga patut untuk kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan, mengingat jumlah penggunanya yang terbilang sangat tinggi. Jika dimanfaatkan dengan baik, Twitter juga dapat mendatangkan sejumlah angka penjualan yang besar di dalam bisnis yang Kamu jalankan. Simak beberapa strategi yang bisa Kamu lakukan berikut ini:

Manfaatkan Search Options

Ini bisa digunakan untuk mempermudah orang dalam menemukan produk yang kamu jual, yakni dengan cara menyisipkan beberapa kata kunci pada postingan yang kamu lakukan. Dengan menerapkan sejumlah kata kunci tersebut, maka kamu akan lebih mudah untuk meraih pengguna lainnya.

Gunakan Search Engine Optimation

Hampir sama dengan cara di atas, opsi ini juga dilakukan dengan menggunakan sejumlah kata kunci di dalam postingan Kamu. Pilih beberapa kata kunci yang mudah dan belum banyak digunakan oleh pengguna lainnya, sehingga Google akan lebih mudah untuk memonitor dan melihat postingan serta akun yang kamu miliki tersebut. Hal ini akan mempermudah pengguna lainnya untuk bisa menemukan bisnis kamu.

Ubah Topik di dalam Tweet

Ada baiknya kamu selalu mengubah topik setiap kali melakukan tweet, sehingga lalu lintas di Twitter kamu bisa meningkat dengan cepat. Hal ini bisa menambah kunjungan ke akun kamu dan membuat pengguna lainnya lebih tertarik dan mudah kamu jangkau. Semakin banyak pengunjung, tentu akan berbanding lurus dengan kemungkinan semakin lancarnya bisnis yang sedang kamu jalankan tersebut.

C. Instagram

Meski memiliki sejumlah fitur yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, namun media sosial yang satu ini tetap layak untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan di dalam bisnis yang Kamu jalankan. Lakukan beberapa strategi berikut ini ketika menjalankan bisnis melalui instagram:

Maksimalkan Foto Produk

Jika kamu menjadi salah satu pengguna media sosial ini, tentu kamu paham betul bahwa ini merupakan kelebihan dari instagram, sangat mudah untuk berbagi gambar / foto kepada semua pengguna instagram di seluruh dunia. Ingin bisnismu sukses di instagram, mulailah dengan memilih foto-foto produkmu yang berkualitas baik.

Display Produk secara Teratur

Lakukan penggantian gambar secara teratur, di mana kamu memiliki waktu tetap untuk melakukan hal ini, sehingga orang akan mudah mengetahui dan mengingat jadwal tersebut dan mereka bisa menemukan beragam produk baru yang akan kamu pasarkan.

Gunakan Hashtag

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag pada setiap postingan kamu, sehingga lebih mudah ditemukan dan dilihat oleh pengguna lainnya.

Kuasai Media sosial yang kamu Gunakan dengan Baik

Menjalankan bisnis melalui media sosial tentu bukan sebuah hal baru lagi bagi para pelaku bisnis, barangkali termasuk bagi kamu juga. Jumlah pengguna media sosial yang cukup tinggi, bisa dimanfaatkan untuk menambah angka penjualan bisnis. Kuasai dengan baik setiap media sosial yang kamu gunakan, sehingga dapat dengan mudah menjalankan bisnis tersebut tanpa sebuah halangan yang berat. (inf)

(***)  

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.