Tips dan Artikel

Kisah Sukses Pembawa Ace Hardware Di Indonesia

2019 March 27 09:52

Ace Hardware merupakan salah satu toko ritel terbesar di Indonesia. ACE hardware kini sangat mudah ditemukan di setiap penjuru kota-kota besar. Sebagian besar dari kita pasti pernah berbelanja di ACE hardware yang menjual perlengkapan rumah dan produk gaya hidup, yang identik dengan kombinasi logo merah dan putih tersebut. Lalu siapa sih yang membawa dan mendirikan ACE hardware di Indonesia? Kali ini Smartbisnis akan mengulasnya. Yuk, simak!

Ia adalah Kuncoro Wibowo, merupakan warga Negara Indonesia kelahiran Jakarta 1956, yang merupakan pemegang tunggal toko ACE Hardware Indonesia sekaligus menjabat komisaris utama ACE Hardware Indonesia.

Bisnis ACE Hardware dimulai di tahun 1995, dengan Kuncoro Wibowo sebagai pemegang lisensi utama. Awalnya, Kuncoro memulai karier dengan membantu sang ayah Wong Jin, dengan berjualan perkakas di daerah Glodok, Jakarta Pusat, bersama adik-adiknya. Toko yang dimiliki Wong Jin, ayah Kuncoro, bukanlah toko retail yang besar, toko itu hanyalah toko berukuran 3×3 meter.

Pada tahun 1981 saat ayahnya wafat, Kuncoro semakin giat mengembangkan bisnis perkakas tersebut untuk menjadikannya lebih berkembang yang akhirnya berekspansi dengan mendirikan PT ACE Hardware dan memiliki lisensi tunggal ACE Hardware, yaitu perusahaan perkakas yang berasal dari Amerika Serikat. ACE Hardware di Indonesia yang ia kembangkan pun, untuk pertama kalinya dibuka di Supermal Karawaci, Kota Tangerang.

Kuncoro memang sangat jeli untuk melihat peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan. Karena siapa sangka, kegigihannya yang berawal hanya membantu ayahnya untuk mencari pemasok dan menghadiri beragam pameran perkakas itu menjadi cikal-bakal hadirnya Grup Kawan Lama. Plus, tentu saja ilmu marketing yang diwariskan oleh sang ayah.

Kuncoro memiliki prinsip, jika ingin mengembangkan bisnis, kita harus berani berpikir selangkah lebih maju daripada orang lain. Jangan sampai orang sudah dua tiga langkah di depan, kita masih mikir. Hal tersebut diterapkan Kuncoro dalam mengembangkan bisnisnya. Jadi pelajaran yang dapat diambil, YPagers janganlah terlalu banyak berpikir, YPagers bisa menjalankan bisnis sambil berpikir. Karena jika terlalu banyak berpikir, kesempatan yang ada mungkin bukan milik YPagers lagi tapi menjadi milik orang lain. Nah itulah kalimat motivasi yang dapat menjadi pelajaran bagi YPagers berdasarkan kisah sukses Kuncoro Wibowo sebagai pendiri ACE Hardware di Indonesia. Bagaimana YPagers, apakah kisah tersebut menginspirasi?

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.