Tips dan Artikel

Konsumsi Makanan Ini Bisa Sehatkan Paru-Paru Dan Lancarkan Pernapasan Lho!

2020 October 05 10:01

Di saat pandemi seperti ini, amat sangat penting menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang baik untuk tubuh kita. Sepeti yang kita ketahui, virus covid-19 menyerang system pernapasan. Jadi alangkah baiknya kita menjaga kesehatan paru-paru. Nah, berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyehatkan paru-paru dan melancarkan pernapasan.

  • Air putih

Air sangat penting untuk menjaga aliran darah ke paru-paru, pun sebaliknya. Selain membuat tubuh terhidrasi, air dapat membantu membuang kotoran berupa lendir. Lendir yang dibuang melalui air akan membawa racun mikroba dan polutan keluar dari paru-paru.

  • Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan dalam bawang putih juga dapat melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Sebaiknya konsumsi bawang putih tunggal untuk khasiat yang lebih baik agar dapat membantu kurangi risiko kanker paru-paru.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan mampu membersihkan paru-paru dari polutan. Tak hanya untuk paru-paru, manfaat dari rutin mengonsumsi jahe juga bisa dirasakan seluruh tubuh. Selain itu, jahe juga mampu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat. Itu sebabnya rempah yang satu ini sedang naik daun, YPagers!

  • Wortel

Wortel kaya vitamin A, vitamin C, dan likopen serta antioksidan yang penting untuk kesehatan paru-paru. Berdasarkan hasil penelitian, rutin meminum jus wortel dapat membantu mencegah kanker paru-paru pada perokok lho!

  • Apel

Kandungan phytochemical pada apel dapat mengurangi peradangan dan stress oksidatif. Hal tersebut akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru di dalam tubuh. Yuk rutin konsumsi satu buah apel setiap hari.

  • Jeruk limau gedang (Grapefruit)

Jeruk limau gedang (grapefruit) adalah hasil persilangan antara jeruk bali dan jeruk manis. Buah ini memiliki kandungan naringin dan flavonoid yang akan menghambat aktivasi enzim yang menyebabkan kanker. Selain itu, buah ini mengandung 92% air yang membuatnya ideal menjaga tubuh tertap terhidrasi.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C dan vitamin B6 pada jeruk dapat membantu paru-paru mentransfer oksigen ke seluruh tubuh dengan cepat. Jeruk juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Nah, YPagers… Jangan bosan untuk konsumsi makanan sehat ya, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat. Stay safe, stay healthy YPagers!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.