Tips dan Artikel

Lebih Mengenal 6 Jenis Media Luar Ruang (Outdoor Advertising)

2019 August 12 06:40

Apa yang YPagers bayangkan ketika mendengar kata media luar ruang (outdoor advertising)? Sudah pasti terbayang iklan-iklan yang terpampang di sepanjang jalan ketika YPagers bepergian kan? Dari definisinya, media luar ruang berarti salah satu jenis iklan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi tentang suatu produk maupun layanan kepada publik. Berdasarkan namanya, media luar ruang sudah pasti tempatnya di luar ruangan dengan tujuan iklan yang dipasang mampu menarik perhatian dan minat publik yang sedang beraktivitas.

Apa saja kah jenis media luar ruang tersebut? Simak pembahasan berikut untuk lebih mengenal tentang macam-macam media luar ruang ya.

Poster

Poster atau plakat secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu karya desain grafis yang isinya berupa gambar dan huruf yang dituangkan pada suatu kertas atau media cetak. Poster biasanya menggunakan warna-warna yang kuat dan mencolok agar dapat lebih menarik minat publik untuk melihat. Poster sering kali digunakan untuk menampilkan iklan atau promosi suatu produk, propaganda, maupun berita sosialisasi. Poster memiliki beberapa jenis, mulai dari poster niaga, poster kegiatan, poster pendidikan, dan poster layanan masyarakat.

Spanduk

Media luar ruang yang satu ini menggunakan media kain untuk produksinya. Spanduk dapat diartikan suatu kain rentang yang berisi suatu berita, informasi, propaganda, dan slogan. Spanduk juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan event yang akan diselenggarakan maupun mempromosikan produk yang akan dikeluarkan.

Kelebihan dari spanduk adalah proses pembuatannya yang tidak terlalu rumit, sehingga menjadi pilihan yang pas bagi perusahaan yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat suatu iklan. Spanduk dapat ditempatkan di berbagai tempat sesuai dengan keinginan yang dirasa cocok untuk pemasaran. Selain itu media iklan spandukdapat dilihat berulang-ulang oleh audience, sehingga dapat meningatkan banyak masyarakat tentang suatu brand.

Akan tetapi spanduk juga memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Pertama, informasi yang disampaikan melalui spanduk tidak terlalu lengkap. Kedua, jika penempatan spanduk terlalu intens, publik dapat merasa bosan. Ketiga, spanduk dapat menggangu keindahan lingkungan jika pemilihan tempat tidak cerdas.

Wall Painting

Wall painting dapat menjadi alternatif pilihan bagi perusahaan yang ingin meletakkan media iklan berukuran besar namun terganjal lokasi yang sempit. Wall painting dilakukan dengan memanfaatkan tembok terbuka sebagai media untuk promosi yang pengerjaannya menggunakan cat tembok. Hal yang perlu diingat ketika menggunakan media luar ruang ini adalah pemilihan tembok yang harus menghadap ke jalan umum dan memiliki tinggi yang sesuai dan tidak terhalang apapun. Hal yang sering menjadi masalah untuk media wall painting adalah ketidaksetujuan pemilik bangunan, dimana saat lokasi yang dirasa tepat dan mudah dilihat publik namun sang pemilik tidak bersedia temboknya diaplikasikan wall painting. Untuk biaya produksi, wall painting jauh lebih murah jika dibandingkan dengan billboard namun memiliki manfaat promosi yang sama.

Neon Box

Media luar ruang yang satu ini cukup populer digunakan oleh para pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan. Neon box merupakan media luar ruang yang memanfaatkan media flexy backlite digital printing, cutting sticker, dan acrylic. Karena neon box memiliki pencahayaan di dalam box, membuatnya memungkinkan untuk menjadi media promosi saat malam hari dan akan terlihat lebih menarik. Selain itu neon box juga dapat menjadi alternatif penerangan yang sangat bermanfaat bagi pengguna jalan. Namun neon box juga memiliki kekurangan yaitu memakan daya listrik yang sangat besar jika ukuran yang digunakan juga besar. YPagers bisa mengatasinya dengan penggunaan lampu LED yang pemakaian dayanya lebih hemat.

Baliho

Jenis media luar ruang yang satu ini sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan, promosi, iklan, dan berbagai informasi lainnya. Manfaat yang didapatkan dari penggunaan baliho diantaranya sebagai media penyampaian iklan kepada publik, media promosi, meningkatkan penjualan, dan untuk meningkatkan popularitas merek atau pihak pengiklan. Hal yang perlu diperhatikan untuk penggunaan baliho adalah ketepatan titik pemasangan. Jangan sampai baliho yang dipasang tidak terlihat oleh banyak orang dan menjadikan hasilnya kurang optimal.

Videotron

Media luar ruang yang satu ini memiliki kecanggihan yang lebih dibandingkan media lainnya. Videotron merupakan suatu bentuk iklan digital yang dilengkapi dengan pergerakan pada visual gambar Videtron sering juga disebut megatron, yang digunakan oleh pengiklan untuk menampilkan berbagai produk dengan penempatan di berbagai titik strategis kota besar yang memiliki trafik padat atau dilalui oleh banyak orang. Kelebihan menggunakan videotron diantaranya membuat materi iklan menjadi lebih menarik, iklan menjadi lebih dinamis dan tidak kaku, meningkatkan brand awareness serta brand image. Biasanya pengiklan enggan menggunakan media luar ruang videotron karena biaya yang harus dikeluarkan lebih besar disbanding media luar ruang lainnya. Namun YPagers tidak perlu bingung jika ingin menggunakan media luar ruang yang satu ini. YPagers dapat memasang iklan di media canggih videotron hanya dengan harga mulai dari Rp3.000/spot di YP DOOH. Dengan biaya yang terjangkau, YPagers bisa beriklan di videotron yang memiliki durasi iklan 30 detik di lokasi-lokasi menarik yang dimiliki YP DOOH. Yuk manfaatkan kesempatan beriklan seperti brand besar dengan lebih terjangkau dan mudah di YP DOOH.

Sumber: www.bitebrands.co

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.