Tips dan Artikel

Mau Bawa Anak Liburan Akhir Tahun? Ini Dia Tips Aman Membawa Anak Keluar Rumah Selama Pandemi.

2020 December 21 05:53

Meminimalisir penularan virus selama pandemi dengan cara tetap berada di dalam rumah memang menjadi hal yang amat sangat disarankan. Namun, tidak ada salahnya sesekali keluar rumah untuk mencari hiburan bersama keluarga. Orang tua wajib menjaga kesehatan buah hatinya, terlebih saat pandemi terjadi seperti sekarang ini. Jadi, bagaimana agar si kecil tetap aman dari resiko penularan virus ketika keluar rumah? Ini dia tips yang dapat para orang tua lakukan.

  1. Ajarkan kepada anak akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun dimana pun. Orang tua harus memperhatikan apa saja yang disentuh oleh anak. Lakukan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk ke tempat yang dituju.
  2. Berikan pengertian agar anak tidak menyentuh area wajah selama berada di luar rumah. Karena terkadang apa yang disentuh anak bisa saja luput dari penglihatan, begitu pula dengan apa yang kita sentuh.
  3. Selalu sediakan hand sanitizer saat bepergian untuk berjaga-jaga jika sulit untuk menemukan tempat cuci tangan.
  4. Pertimbangkan banyak hal ketika akan memilih lokasi liburan. Pastikan lokasi yang akan dikunjungi menerapkan protokol kesehatan. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang memiliki sirkulasi udara yang baik, misalnya tempat wisata outdoor.
  5. Ada baiknya jika kita bepergian hanya dengan orang yang tinggal serumah. Dengan begitu kita lebih paham mengenai kondisi kesehatan dan kebiasaan orang yang bepergian bersama kita.
  6. Selain hindari menyentuh area wajah, selama bepergian usahakan untuk tidak menyentuh banyak barang secara sembarangan. Jangan lupa bersihkan tangan setelah menyentuh barang appapun.
  7. Selalu sediakan masker ekstra agar bisa menggunakan masker baru setiap 4 jam sekali. Meskipun anak dibawah dua tahun disarankan tidak menggunakan masker, ada baiknya orang tua tetap membawakan masker untuk berjaga-jaga. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati ya, YPagers!
  8. Selama menggunakan masker pastikan orang tua tidak mencium anak dengan masker yang masih terpasang di wajah. Karena masker yang kita gunakan bertujuan untuk menyaring debu dan menjaga diri dari virus yang mungkin ada di tempat kita berkunjung. Bayangkan apa yang menempel di wajah anak ketika kita menciumnya dengan masker yang masih menempel di wajah? Jadi, stay safe stay healty ya, YPagers!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.