Tips dan Artikel

Melirik Peluang Bisnis E-commerce Daerah Di Era Digital Saat Ini

2018 July 22 17:36

Jika berbicara mengenai transaksi perdagangan secara elektronik atau e-commerce Indonesia saat ini, maka kita akan terbayang bahwa e-commerce hanya populer di berbagai kota besar saja. Namun, seiring dengan usulan pemerintah beberapa waktu belakangan mengenai dukungan terhadap peluang usaha UMKM daerah, maka e-commerce pun turut punya andil dalam memaksimalkan hal tersebut.

Bersamaan dengan hal tersebut, Aulia Marinto selaku Ketua Umum Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), menyatakan kesiapannya untuk menyediakan serta mengakomodir platform digital untuk para UMKM daerah tersebut. Dirinya pun juga mengatakan bahwa para pelaku e-commerce sampai saat ini masih terus menggaet banyak UMKM.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ternyata ranah penjualan e-commerce berbasis marketplace masih didominasi oleh para pelaku UMKM. Jadi bisa dikatakan bahwa fakta tersebut masih sesuai dengan usulan pemerintah yang bertujuan untuk membangun perekonomian di  daerah.

Akan tetapi menurut Aulia, dibutuhkan beberapa edukasi dan pengarahan lebih lanjut kepada para pelaku UMKM daerah agar dapat lebih optimal dalam memanfaatkan media digital e-commerce seperti internet untuk meningkatkan peluang usaha yang ada.

“Jika berbicara mengenai infrastruktur, maka dari tahun ke tahun terdapat peningkatan dalam transaksi perdagangan elektronik. Hanya saja tinggal bagaimana memberikan arahan serta edukasi lebih lanjut kepada para pelaku UMKM daerah tersebut,” ungkapnya.

Pertumbuhan e-commerce di daerah

Menurut pendapat berbagai ahli, pertumbuhan e-commerce di berbagai daerah di Indonesia masih terus mengalami perkembangan yang cukup besar, seiring dengan adanya kebijakan pemerintah yang menyiapkan berbagai regulasi yang sesuai.

Dengan kemajuan serta perkembangan teknologi informasi serta komunikasi yang semakin pesat, maka banyak para pakar yang meyakini bahwa pasar online akan mampu menyaingi pasar konvensional (offline) yang telah ada selama bertahun-tahun dan masih sangat besar. Tentu saja, ini akan menumbuhkan lebih banyak peluang usaha baru, khususnya di daerah.

Untuk terus mendukung terciptanya pasar online yang lebih kompetitif dan lebih merata di daerah, setidaknya dibutuhkan tiga hal yang menjadi faktor pendukungnya. Antara lain seperti regulasi dari pemerintah seperti yang telah dijelaskan di atas, infrastruktur serta pengenalan lebih lanjut kepada masyarakat terkait intenet. Jadi untuk memeratakannya, dibutuhkan dukungan dari semua pihak terkait

Yang jelas, pertumbuhan serta perkembangan e-commerce UMKM daerah masih terus dalam tahap pengembangan. Saat ini mungkin bisa dikatakan bahwa para pemain dominan e-commerce masih berada di sekitaran pulau Jawa. Akan tetapi berkat dukungan dari berbagai pihak, dalam waktu dekat pasti sudah mulai berkembang menuju pulau lainnya seperti Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan dan lain sebagainya.

 

Salah satu sarana pengenalan internet dan berbagai infrastruktur digital lainnya untuk UMKM adalah YellowPages. Dengan bergabung bersama YellowPages, para pelaku UMKM daerah akan lebih mengenal tentang konsep digitalisasi usaha, dukungan serta bantuan bisnis dan berbagai hal lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai YellowPages ini, silakan langsung mengunjungi situs YellowPages sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.