Tips dan Artikel

Melirik Peluang Usaha Kotak Rokok Custom Yang Semakin Diminati Dan Menguntungkan

2018 August 01 13:20

Indonesia telah dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau rokok terbaik di dunia, maka tak heran jika masyarakat Indonesia pun gemar menghisap rokok. Hal ini juga yang ternyata membawa pasar baru bagi mereka yang memiliki kreatifitas dalam hal menciptakan sebuah kotak rokok ‘custom’ yang berbeda dari bungkus rokok pada umumnya. Mulai dari motif etnik, bentuk ukiran, gambar-gambar berbagai tokoh terkenal, hingga permintaan kotak rokok dengan motif sendiri sesuai pesanan konsumen.

YellowPages pun melihat ini sebagai sebuah potensi peluang usaha yang cukup baik, di mana untuk tampil lebih gaya, para perokok kerap menyimpan rokoknya di dalam kotak khusus yang mereka miliki. Meskipun sama-sama berbentuk kotak, namun motif lah yang membuatnya menjadi lebih berkelas dan tentunya menjadi nilai jual tersendiri bagi para pembuatnya.

Bisnis kotak rokok dengan motif custom ini sebenarnya sudah ada sejak akhir 90-an hingga di awal 2000-an. Awalnya, kotak rokok didesain hanya berdasarkan merk-merk rokok terkenal saja, namun seiring perkembangan zaman, ada semakin banyak pelaku usaha yang bekreasi dengan motif-motif yang ada.

Sebut saja seperti desain kotak rokok dengan motif ukiran batik dari salah seorang pelaku UMKM di Jepara yang sukses memasarkan produk kotak rokok motif miliknya tersebut hingga ke pasar mancanegara. Uniknya, lambat laun kotak rokok bermotif ini tak hanya sebagai tempat menyimpan rokok sehari-hari saja, melainkan telah berkembang menjadi sebuah barang koleksi bagi para pecinta rokok. Dengan desain serta bentuk yang terbilang tidak biasa, maka inilah yang menjadi nilai jual dari sebuah kotak rokok bermotif ‘custom’.

Kotak rokok bermotif custom era masa kini Bila beberapa tahun yang lalu kotak rokok dengan motif etnik lah yang paling banyak dicari, maka berbeda dengan masa sekarang. Konsumen kini lebih menyukai sebuah desain yang sesuai dengan kepribadian mereka. Ini jugalah yang menciptakan peluang usaha baru bagi produsen kotak rokok bermotif untuk membuat desain khusus sesuai permintaan konsumen. Apalagi dalam beberapa acara tertentu, seperti misalnya acara pernikahan, kotak rokok dengan desain nama dari masing-masing mempelai mulai laris manis dijadikan sebagai souvenir.

Tak hanya acara seperti pernikahan saja, pemesanan kotak rokok bermotif custom pun kerap datang dari para komunitas pria yang kembali menjadikan kotak rokok tersebut sebagai sebuah souvenir dalam acara mereka.

Bahan dasar menciptakan kotak rokok bermotif Berbeda dengan bungkus rokok pada umumnya, Zamroni mengatakan pada awalnya ia membuat kotak rokok dari bahan kayu sonokeling yang kemudian diukir sedemikian rupa. Kayu dianggap lebih mampu mengawetkan rokok ketimbang hanya sekedar kertas karton bungkus rokok dan tentunya lebih melindungi berkat sifatnya yang keras. Tak hanya itu, konsumen pun lebih tertarik dengan serat kayu yang sedikit kehitaman serta proses detail dari pengerjaan ukiran yang membuatnya menjadi terlihat lebih mewah.

Berbeda dengan masa sekarang, bahan dasar untuk menciptakan kotak rokok pun mulai beragam, mulai dari plastik, fiber dan lain sebagainya. Karena pada saat ini, konsumen lebih mementingkan desain atau motif yang ditawarkan. Ini juga yang menjadikan modal awal peluang usaha seperti ini

menjadi lebih sedikit bagi mereka yang ingin memulainya. Bagaimana dengan omzet dari penjualan kotak rokok bermotif ini? Salah seorang pelaku usaha kotak rokok bermotif di Jepara, Zamroni, mengatakan bahwa dahulu di

awal tahun 2000-an ia bisa mendatangkan omzet sekitar Rp 10 juta per bulannya. Dan Seiring perkembangan zaman, omzet yang ia dapatkan pun semakin meningkat mulai dari Rp 15 juta per bulan, hingga mencapai RP 20 juta per bulannya. Jumlah produksi yang diminta pun semakin tinggi,

mulai dari sekitar 800 kotak, kini naik menjadi sekitar 1.500 hingga 2.000 kotak per bulannya. Kini, bisnis atau peluang usaha kotak rokok bermotif ini lebih banyak digeluti oleh anak muda yang berjiwa kreatif. Sebut saja seperti salah satu produsen kotak rokok bermotif asal Bandung yang mampu meraih omzet per bulannya hingga Rp 17,5 juta dengan total produksi sekitar 500 kotak. Lantas, dengan prospek pasar yang cukup besar seperti itu apakah Sobiz tidak berniat untuk memulai usaha Smart seperti ini? Untuk itu bergabunglah bersama YellowPages dan temukan lebih banyak dukungan dan bantuan bagi Sobiz yang ingin memulai usaha kreatif. 
Tak hanya itu, di YellowPages, Sobiz juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap serta solusi lebih lanjut tentang berbagai permasalahan bisnis yang di alami.

Segera kunjungi YellowPages sekarang juga dan temukan berbagai macam solusi yang Sobiz cari disini. 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.