Tips dan Artikel

Memahami Jenis-Jenis Kredit Yang Ditawarkan Bank Untuk Modal Usaha

2018 September 09 03:44

Modal usaha bisa didapatkan dengan berbagai cara, bisa dengan pinjaman modal mudah ke kerabat, mencari investor, atau bisa juga menggunakan kredit dari bank. Setiap bank biasanya memiliki beberapa jenis kredit yang ditawarkan untuk modal usaha. Dengan meminjam uang di bank, nasabah tinggal membayar cicilan dan bunganya sesuai tenggat waktu yang disepakati dengan pihak bank.

Mengajukan pinjaman modal mudah  atau kredit di bank juga prosesnya tidak lama. Hal ini membuat banyak orang yang lebih memilih menggunakan cara kredit di bank, pencairan uangnya cenderung lebih cepat. Akan tetapi, Sobiz setidaknya harus mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis kredit yang akan ditawarkan dari banyak bank. Mau tahu apa saja jenis kredit yang ditawarkan oleh bank untuk modal usaha. Simak beberapa jenis kredit berikut yang bisa Sobiz pilih berdasarkan keperluan usaha Anda, Sobiz:

1.KARTU KREDIT (CREDIT CARD)

Pembuatan kartu kredit adalah pilihan yang paling mudah, karena tidak memerlukan jaminan apapun. Cukup dengan mengajukan saja, tidak butuh waktu sehari, nasabah sudah bisa memilikinya.

Bisa dibilang, kartu kredit ini adalah kartu hutang. Hutang tersebut akan mulai tercatat saat kita melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Setelah tagihan kartu kredit keluar, kita bisa membayarnya bahkan dengan menyicil. Jadi kalau belum mampu untuk membayar keseluruhan, Sobizbisa melunasinya dengan cicilan. Akan tetapi, akan dikenakan bunga juga pada hutang yang belum terbayar tersebut. Jadi, Sobiz juga harus bijak dalam menggunakannnya sebagai modal usaha.

2.KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)

Jenis kredit atau pinjaman modal mudah yang satu ini dikhususkan hanya bagi nasabah yang telah mempunyai bisnis. Nasabah harus mengajukan permohonan terlebih dahulu pada pihak bank beserta memberikan surat jaminan. Jika bank menilai bisnis Sobiz layak untuk didanai, maka permohonan kredit tentu disetujui. Tetapi jika Sobiz tidak bisa melunasi, maka jaminan yang diberikan ke bank akan dilelang Sobiz, untuk melunasi hutang Sobiz.

3.KREDIT MULTIGUNA

Gabungan antara KUR dengan kredit lain yang mendanai pembelian barang bergerak atau tidak bergerak disebut dengan kredit multiguna. Syarat pengajuan kredit ini sama dengan KUR, Sobiz harus telah memiliki bisnis dulu, Sobiz. Biasanya sebagian dana kredit multiguna dapat digunakan untuk usaha. Sedangkan sebagian lainnya dapat digunakan untuk membeli properti ataupun kendaraan. Namun kredit jenis ini kini sudah mulai sepi peminatnya.

4.KREDIT INVESTASI

Berbeda dengan kredit lainnya, jangka waktu pengembalian untuk kredit investasi bisa mencapai 10 tahun. Kredit investasi juga ditujukan bagi usaha yang layak untuk didanai. Fungsi plafon yang dipinjamkan disini adalah sebagai investasi usaha. Misalnya untuk membeli kantor, menyewa kantor dan sebagainya.

5.KREDIT REKENING KORAN (KRK)

KRK membutuhkan jaminan untuk pinjamannya. Namun nasabah hanya diwajibkan membayar bunga sesuai dengan jumlah uang yang dipinjam. Pinjaman dapat dilunasi di akhir pelunasan. Jika Sobiz mengajukan pinjaman sebanyak 100 juta, maka akan ditransfer sebanyak 100 juta ke rekening koran. Tetapi jika ternyata Sobiz akhirnya hanya butuh 50 juta, maka yang wajib Sobizl unasi hanya bunga dari pinjaman 50 juta. Sisa yang tidak terpakai, tidak akan dikenakan bunga.

Beragamnya jenis kredit ini akan lebih baik jika Sobiz pahami terlebih dahulu, Sobiz. Sebelum mengambil keputusan, Sobiz pun bisa mencari tahu informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs YellowPages. Di sini, semua informasi yang Sobiz butuhkan seputar modal usaha akan dijelaskan secara detail.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.