Tips dan Artikel

Membangun Bisnis Dengan Idealisme, Bolehkah?

2018 September 09 03:33

Dalam hal membangun bisnis, seringkali idealisme mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan. Pengusaha yang berpegang kuat pada idealismenya akan mempertahankan apa yang menjadi prinsipnya. Akan tetapi sebenarnya bolehkah membangun bisnis dengan idealisme?

Idealisme Dalam Membangun Bisnis

Idealisme terkadang memang membantu memperkuat karakter bisnis, tapi apakah bisnis akan bisa sukses? Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, ternyata ada baiknya idealisme di kebelakangkan dulu. Kamu butuh lebih terbuka dengan masukan serta hasil analisis data, Sobiz. Karena dalam membangun bisnis, kepribadian yang fleksibel itu cukup penting agar bisnis dapat bertahan lama.

Bukan tidak mungkin dengan menjadi fleksibel, selain revenue yang datang,  kamu juga bisa menarik minat investor untuk berinvestasi, Sobiz. Membangun bisnis memang membutuhkan proses dan tentu pengorbanan karna berhubungan dengan uang. Kamu dituntut untuk lebih fleksibel agar brand bisnis yang baru dirintis dapat meraih keuntungan. Kamu harus lihai dalam melihat celah, ketimbang memaksakan idealisme.

Bayangkan kalau kamu tetap idealis, investor pastinya akan sulit memberi masukan dan bisa saja malah membatalkan investasinya di tengah jalan. Para investor ini tentu juga ingin modal yang mereka berikan kembali dan mendapat untung. Coba pikirkan lagi Sobiz, tidak ada baiknya kan memegang teguh idealisme?

Kapan idealisme bisa digunakan dalam sebuah bisnis?

Punya idealisme itu boleh saja, asalkan Sobiz tahu batasannya. Selain itu, kamu juga harus memikirkan resiko yang mungkin terjadi jika tetap memaksakan mengeksekusi ide sesuai prinsip kamu. Namun sayangnya, hal yang sering terjadi pengusaha kebanyakan terlalu yakin dengan idealismenya hingga lupa memikirkan resiko beserta solusi bila tidak sesuai ekspektasi.

Meski berlaku sebagai pemilik bisnis, tidak seharusnya seorang pengusaha konsisten dengan idealismenya. Apalagi untuk yang baru memulai sebuah peluang usaha, salah langkah sedikit dapat berpengaruh besar untuk perkembangan bisnis selanjutnya.

Idealisme bukan jadi alasan untuk tidak berinovasi

Perhatikan lagi segmen yang akan kamu jangkau, apakah bisnis kamu sudah cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka. Tidak masalah jika bisnis tersebut sudah menjamur, asalkan ada nilai tambah dalam bisnis kamu yang tidak ada pada bisnis sejenis. Dan jangan berhenti untuk terus berinovasi. Karena hal itu sangat penting untuk pengembangan bisnis ke depannya.

Bukankah akan lebih mudah untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat, daripada memperkenalkan sesuatu yang belum tentu akan cocok dengan mereka? Tidak ada salahnya meminimalisir resiko dengan menjadi solusi bagi orang kebanyakan, mendengarkan masukan, dan menjadi pribadi yang open-minded dan fleksibel. Sukses buat kita semua ya, Sobiz!

 

Jangan lupa kunjungi situs YellowPages dan bergabung bersama YellowPages untuk menjadi yang paling pertama mengetahui informasi update seputar bisnis. Jadi tunggu apalagi? Cek info lengkapnya di YellowPages sekarang!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.