Tips dan Artikel

Membangun Bisnis Dengan Kontainer Bekas Peluang Usaha Menjanjikan Saat Ini Dan Di Tahun-Tahun ke Depan

2018 August 01 12:52

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kontainer atau yang biasa disebut juga dengan peti kemas, merupakan sebuah wadah yang sering digunakan oleh para jasa kargo dalam hal pengiriman barang untuk jarak yang sangat jauh. Entah itu dari luar negeri menuju dalam negeri atau sebaliknya yang menggunakan jalur laut. Demi alasan keselamatan serta keutuhan barang yang akan dikirim oleh

kapal-kapal tersebut, maka barang-barang kiriman dimasukkan kedalam peti kemas atau kontainer tersebut. Dalam hal ini pengiriman yang dilakukan pun memiliki jumlah yang cukup besar sehingga diharuskan untuk menggunakan kontainer.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman saat ini, maka kontainer yang sudah tidak digunakan lagi (kontainer bekas) seringkali dialih-fungsikan menjadi sesuatu yang lebih berharga lainnya. Bahkan dengan sedikit kreatifitas, kontainer bekas tersebut bisa menjadi modal awal untuk menghasilkan sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Kira-kira seperti apa? Simak penjelasan selengkapnya dari YellowPages berikut ini.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan kontainer bekas?

Bekas bukan berarti tak berguna. Sepertinya prinsip seperti ini sangat cocok diterapkan kepada kontainer bekas. Meskipun sudah tidak lagi digunakan untuk mengantarkan barang-barang, namun pada kenyataannya saat ini kontainer bekas banyak digunakan sebagai pelengkap sebuah usaha. Seperti halnya digunakan sebagai café, kantor, gudang, hingga menjadi tempat tinggal.

Prospek bisnis atau peluang usaha menggunakan kontainer bekas ini pun semakin terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin mencobanya. Terbukti, sekarang semakin banyak perusahaan jasa yang siap mengubah kontainer bekas menjadi lebih bermanfaat lagi dan dialih-fungsikan menjadi sebuah sarana baru. 

Berapa modal yang dibutuhkan untuk berbisnis kontainer bekas?

Untuk harga kontainer bekas sangat berbeda dengan kontainer baru yang harganya bisa berkisar hingga puluhan atau ratusan juta. Karena harga kontainer bekas hanya berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta. Dengan harga seperti ini, maka tak heran jka banyak anak muda yang mulai mencoba menggeluti bisnis atau peluang usaha seperti ini.

Untuk spesifikasi dari kontainer bekas yang layak dialih-fungsikan antara lain seperti berikut:

Kontainer 20 feet : 6m x 2,4m x 2.6m

Kontainer 40 feet : 12m x 2,5m x 2,6m

Jika sudah membeli kontainer bekas maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan modifikasi terhadap kontainer tersebut dengan biaya sekitar Rp5 jutaan hingga Rp10 jutaan. Dengan kata lain, hanya dengan modal sekitar Rp 20 jutaan, maka Sobiz sudah bisa menjadikan sebuah kontainer bekas sebagai sarana peluang usaha baru.

Mari lakukan sedikit perbandingan, jika dengan menggunakan kontainer bekas membutuhkan modal sekitar Rp20 jutaan, maka bagaimana dengan bangunan beton dengan ukuran yang sama membutuhkan biaya sekitar Rp50 juta? Tentu saja menggunakan kontainer bekas akan jauh lebih menghemat biaya.

Dan berikut adalah keuntungan yang bisa Sobiz dapatkan jika menggunakan kontainer bekas untuk

peluang usaha, antara lain:

· Memiliki masa pakai yang tahan lama, yakni sekitar 25 hingga 35 tahun

· Biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bangunan beton

· Tahan terhadap gempa

· Sangat cocok digunakan bagi bisnis kecil ataupun UMKM

· Jika terjadi sesuatu, cukup mudah untuk dipindahkan

Kesimpulan

Menciptakan sebuah peluang usaha atau membangun bisnis dengan memanfaatkan kontainer bekas bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk memulai sebuah bisnis baru dengan modal yang tidak terlalu besar. Yang terpenting adalah mampu berfikir secara kreatif dan tentunya smart!

Ingin mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih lengkap seputar cara berbisnis yang smart?

Atau ingin mendapatkan dukungan dan bantuan bagi bisnis yang dijalankan? Maka tak ada salahnya untuk bergabung dengan YellowPages dan temukan solusi dari setiap permasalahan bisnis Sobiz.

Segera kunjungi YellowPages sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.