Tips dan Artikel

Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Sewa Apartemen Sebagai Lahan Basah di Era Modern Saat ini

2018 September 09 03:22

Populasi masyarakat Indonesia terus mengalami peningkatan. Maka dari itu, pemerintah baik pusat maupun daerah sudah semakin kewalahan untuk mengatasi pemukiman yang semakin padat. Namun, ditengah masalah padatnya pemukiman tersebut, para pengembang properti pun mulai menawarkan solusi apartemen sebagai pengganti pemukiman masyarakat di kota-kota besar.

Dengan solusi seperti ini, masyarakat bisa mendapatkan alternatif lain sebagai hunian. Maka tak heran, bila setiap tahunnya, akan selalu ada pembangunan apartemen di berbagai daerah, khususnya di kota-kota besar.

Seiring dengan semakin menjamurnya apartemen tersebut, maka mulai muncul juga berbagai peluang usaha yang menjanjikan. Diantaranya adalah peluang usaha sewa apartemen. Tak jauh berbeda seperti rumah kontrakan, maka Sobiz pun bisa menyewakan apartemen tersebut kepada mereka berminat.

Dengan didukung fenomena padat penduduk, maka bisnis penyewaan apartemen pun dianggap banyak pihak menjadi lahan basah untuk berbisnis atau berinvestasi. Akan tetapi, sebelum Sobiz memutuskan untuk memulai peluang usaha ini, setidaknya Sobiz harus memahami terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya versi YellowPages. Antara lain:

Yang menjadi kekurangan dari peluang usaha sewa apartemen

Sebelum memulai sebuah peluang usaha, kita tentu harus memahami terlebih dahulu apa resiko yang bakalan kita hadapi nantinya. Dalam hal bisnis sewa apartemen ini pun begitu, ada beberapa kekurangan yang harus Sobiz kuasai agar bisa menjadi sebuah kelebihan. Diantaranya adalah seperti nilai investasi jangka panjang yang relative cukup rendah bila dibandingkan dengan investasi tanah atau rumah.

Yang berarti, kenaikan harga jual atau harga sewa dari apartemen ini tidak akan sebesar atau semahal rumah maupun tanah yang bisa melonjak hingga berkali-kali lipat. Tak hanya itu, jika apartemen yang Sobiz sewakan sepi peminat, maka Sobiz pun harus siap untuk terus melakukan kewajiban beberapa pembayaran terhadap pihak pengelola apartemen. Seperti biaya perawatan, keamanan, fasilitas, dan lain sebagainya.

Yang menjadi kelebihan dari peluang usaha sewa apartemen

Di balik kekurangan tentu akan ada kelebihan. Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, bahwa peluang usaha sewa apartemen saat ini sudah menjadi lahan basah bagi mereka yang jeli akan berbisnis. diantaranya karena sedang menjadi tren hunian bagi masyarakat kelas menengah keatas. Bahkan, sangat berpotensi untuk dijalankan menggunakan tarif sewa tahunan, bulanan, ataupun harian, yang kesemuanya masih ramai peminatnya.

Bayangkan saja, jika Sobiz memiliki satu buah unit apartemen di lokasi yang strategis, dan dengan harga beli sekitar 500 juta, maka Sobiz bisa menyewakan kembali apartemen tersebut dengan tarif sewa antara 5-6 juta perbulannya. Dengan harga sewa seperti itu, masih tergolong cukup menarik perhatian pelanggan.

Karena mengingat lokasi strategis yang dimiliki, serta berbagai fasilitas apartemen yang akan didapat, termasuk didalamnya seperti kolam renang, gym, pusat pertokoan dan lain sebagainya. Untuk perhitungannya sendiri, biasanya para pebisnis yang sudah jeli akan menggunakan rumus harga apartemen di kali nilai kapitalisasi, 7% – 12%.

Sebagai contoh, jika apartemen memiliki harga beli Rp 500 juta, maka akan dikalikan 12% maka, akan menghasilkan keuntungan sekitar Rp 60 juta per tahunnya. Nilai ini masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan tarif sewa rumah kontrakan biasa yang memiliki nilai kapitalisasi hanya 3% hingga 5% saja.

Itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai peluang usaha sewa apartemen di era modern seperti sekarang ini. Bagaimana dengan Anda Sobiz, berniat untuk mencoba? Untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar peluang usaha serta trik dan tips dalam membangun sebuah usaha, maka Sobiz bisa langsung bergabung bersama komunitas YellowPages sekarang juga!

Tak hanya mendapatkan informasi tambahan, tapi Sobiz juga bisa mendapatkan dukungan dan bantuan permodalan dari YellowPages! Cukup menarik bukan? Untuk itu, segera kunjungi website resmi YellowPages di YellowPages sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.