Tips dan Artikel

Orang-orang Paling Tajir di Dunia Datang dari 5 Industri Ini

2018 March 19 17:01

Pada awal Maret ini, Forbes baru saja merilis daftar nama orang-orang terkaya di dunia. Selain jumlah kekayaannya, Forbes juga menampilkan jenis usaha yang mereka kerjakan selama ini. Cukup banyak variasi jenis usaha yang ternyata bisa menghasilkan kekayaan puluhan miliar dollar AS.

Meskipun ada banyak industri yang bisa menjadi jalur untuk meraih kekayaan, namun 5 industri ini paling banyak menghasilkan orang-orang terkaya di dunia, dilansir dari Forbes, Senin (19/3).

1. Keuangan dan investasi

Industri ini menghasilkan lebih banyak miliarder daripada industri lainnya. Secara keseluruhan, sektor ini memiliki 310 orang, atau sekitar 14%, dari jumlah kekayaan dalam daftar 2.208 orang terkaya di dunia. Sebanyak 24 di antaranya merupakan pendatang baru. Selain itu, miliarder di bidang keuangan menduduki peringkat teratas di beberapa negara, mulai dari Brasil sampai Indonesia.

2. Fesyen dan ritel

Di posisi kedua ditempati oleh industri fesyen dan ritel dengan jumlah 235 orang atau 11% dari total kekayaan orang-orang terkaya di dunia. Beberapa perusahaan di antaranya adalah Zara, merek kosmetik L’Oreal, LVMH, dan Walmart.

Industri ini telah mencetak banyak miliarder seperti Sara Blakely, pemilik merek pakaian dalam Spanx dan Kevin Plank, pebisnis sportswear Under Armour. Secara keseluruhan, kekayaan miliarder di industri fesyen dan ritel bernilai hampir USD 1,2 triliun, atau sekitar 13% dari jumlah kekayaan gabungan dalam daftar Forbes yakni USD 9,1 triliun.

3. Real estate

Sebanyak 10% atau 220 orang terkaya di dunia, mendapatkan kekayaannya dari industri real estate. Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dengan estimasi kekayaan bersih sebesar USD 3,1 miliar. Sementara Donald Bren, pengembang real estate AS lainnya, mempunyai kekayaan sekitar USD 16,3 miliar.

4. Manufaktur

Industri manufaktur menghasilkan 9% dari total kekayaan dengan jumlah 207 miliarder. Hasil di tahun 2018, merupakan langkah besar bagi industri ini, dengan jumlah pendatang baru terbanyak yakni 171 orang.

5. Teknologi

Teknologi berada di posisi kelima sebagai industri yang paling banyak menghasilkan orang-orang terkaya. Sektor teknologi mewakili 9% dari jumlah miliarder atau 14% dari total kekayaan. 

Dari jumlah tersebut, 8 orang di antaranya masuk 20 besar, termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos, miliarder pertama di jajaran Forbes Billionaires yang sekaligus menempati posisi puncak.

Teknologi memang menarik bagi para miliarder AS ataupun dunia, tetapi Profesor Peter Wendell dari Stanford Graduate School of Business menaruh catatan. “Satu area yang terus menarik (dalam teknologi) adalah big data,” kata Peter yang juga seorang kapitalis ventura. 

Maksudnya, bagian teknologi yang terus berkembang adalah yang fokus kepada analisis data dan alat untuk menyimpan data. Peter pun melihat banyak siswa pintar yang menaruh pilihan pada cloud computing, media sosial, mobile, dan video. (inf)

(***) 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.