Tips dan Artikel

Perhatikan 3 Kunci Sukses Ini Untuk Membangun Bisnis Kuliner

2019 March 15 08:28

Jika YPagers ingin memulai bisnis, sepertinya sektor kuliner sedikit lebih mudah untuk dicoba dan hasilnya pun cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti mengonsumsi makanan atau minuman. Yang jelas pasarnya sudah ada. Namun, bisnis kuliner apa yang potensial dan punya peluang usaha untuk digarap? Apakah bisnis kuliner cukup menjanjikan untuk menjadi tumpuan bagi kita yang memutuskan menjadi seorang pengusaha kuliner?

Sebelum menjabarkan kunci suksesnya, YPagers perlu menanamkan bahwa dunia usaha termasuk di dalamnya sektor kuliner bukanlah hal mudah untuk sukses karena banyak sekali tantangan, masalah, dan risiko untuk gagal. Jadi jika YPagers telah melihat peluang usaha yang tepat untuk dilakukan, maka perkaya diri dengan ilmu mengenai cara mempertahankan usaha tersebut.

1.   Pasarnya besar

Ini kunci pertamanya, apalagi YPagers adalah seorang pemula di bisnis kuliner. Pastikan pasarnya besar, dan jangan langsung bertaruh di bisnis yang sangat tersegmen. Pasar yang besar memang memiliki pesaing yang banyak, namun YPagers harus menciptakan kategori produk baru dan membangun diferensiasi yang kuat agar bisa berhasil. Misalnya dulu warung indomie hanya ada di warung-warung kecil, padahal orang Indonesia sangat suka makan Indomie. Setelah itu bermunculan Warung Indomie dengan sentuhan kafe modern dengan fasilitas wifi kencang.

2.   Feasible

Feasible artinya kita harus kembali mengukur potensi diri sendiri dan disesuaikan dengan peluang pasar agar bisnis kuliner tersebut bisa dijalankan. Misalnya kalau modal masih berada di kisaran Rp50 juta, maka buatlah konsep bisnis yang kuat dengan anggaran kurang lebih Rp50 juta, kecuali YPagers mengajak investor. Hanya saja, sebaiknya kerjakan bisnis pertama dengan sendirian sehingga tidak akan ada banyak beban.

3.   Infrastruktur mendukung

Apa sih infrastruktur yang dimaksud? Jawabannya apa saja, asal mendukung bisnis yang sedang YPagers jalankan. Contoh ekstrem misalnya, YPagers ingin membuka bisnis Swike, yaitu Kodok Goreng sangat mudah mencari bahan baku karena banyak tersedia di berbagai desa, namun sulit mencari karyawan yang bersedia mengolah masakan kodok. Padahal karyawan juga bagian dari infrastruktur.

Demikian sekilas informasi mengenai 3 kunci sukses membangun bisnis kuliner bagi pemula. Bagaimana YPagers, menarik bukan?

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.