Tips dan Artikel

Pionir e-Commerce Indonesia Remco Lupker Meninggal Dunia

2018 May 03 10:41

Kabar duka datang dari dunia startup Indonesia. Pendiri Tokobagus Remco Lupker meninggal dunia di Heesch, Belanda.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ia meninggal di Belanda pada pukul 10.00 pagi waktu setempat dan akan dimakamkan pada Selasa (8/5/2018) mendatang. 

“Remco meninggal dunia hari ini, Rabu, 2 Mei 2018, pukul 10 pagi waktu Belanda. Ia adalah suami, ayah, dan saudara yang dicintai. Sampai jumpa lagi, kami akan merindukamu. Kami mencintaimu. Istirahat dalam damai,” kata Chaim Fetter selaku pendiri dan CEO Jualo yang dekat dengan Remco, mengutip pesan singkat dari istri Remco.

Mantan CEO OLX, Daniel Tumiwa juga memberi kabar serupa. Menurutnya Remco meninggal dunia pada Rabu pagi waktu Belanda. 

“Betul meninggal jam 10 pagi waktu Belanda. Sudah hampir tiga tahun dia berjuang melawan kanker,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah. 

Kiprah Remco dan Tokobagus di dunia e-commerce sudah mulai jauh sebelum industri tersebut ramai oleh banyak pemain. Bahkan bisa dikatakan situs e-commerce yang didirikannya bersama dengan Arnold Sebastian itu merupakan salah satu pionir.

Remco bersama Arnold Sebastian telah mendirikan Tokobagus di Bali pada tahun 2005. Pada awal berdirinya, situs ini berkantor di Denpasar dan fokus berbisnis di Bali.

Lambat laun, situs ini berhasil merebut perhatian khayalak dan pada tahun 2012, mereka telah memiliki lebih dari 3 juta anggota yang terdaftar dan lebih dari 1,4 juta macam barang yang dijual.

Setelah berperan besar membuat Tokobagus berjaya, Remco bersama Arnold kemudian memutuskan meninggalkan perusahaan itu pada Agustus 2012. Alasannya adalah untuk mencari peluang baru.

“Kami telah menghabiskan waktu yang terbaik dan pengalaman yang terbaik dalam hidup kami selama ini dengan Tokobagus. Begitu bangganya kami dengan tim yang ada dan terhadap apa yang telah mereka capai sehingga membuat keputusan ini sulit bagi kami berdua,” kata Arnold dan Remco ketika itu.

Pada 2012, ketika nama situs e-commerce itu sedang harum-harumnya, Remco memutuskan untuk meninggalkannya. Dua tahun setelahnya, Tokobagus diambil alih oleh OLX dan namanya secara resmi berubah. OLX sendiri merupakan merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers.

Selepas dari Tokobagus, Remco masuk ke berbagai perusahaan. Salah satu yang sempat menarik perhatian media adalah kala ia bergabung ke situs e-commerce Jualo sebagai Advisor to the Board pada Februari 2016. (inf)

(***) 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.