Tips dan Artikel

Problematika UMKM: Antara Modal Usaha, Promosi & Produksi, Mana Yang Lebih Penting?

2018 July 10 13:26

Sebagai pemain baru yang mencoba untuk membangun sebuah bisnis, maka banyak pertanyaan muncul tentang mana yang harus didahulukan atau lebih penting antara modal usaha, promosi atau produksi? Ataukah semuanya penting dan harus dilakukan secara bersamaan?

Memang saat ini telah banyak pinjaman modal mudah untuk sebuah bisnis, namun apakah hal itu sudah cukup? Lantas bagaimana dengan biaya promosi dan biaya produksi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerap menghantui mereka yang berencana untuk membuka sebuah usaha khususnya bagi pelaku UMKM.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, berikut YellowPages akan menjabarkan secara singkat tentang alokasi dana yang tepat untuk sebuah UMKM baru. Simak selengkapnya berikut ini.

Mengirit promosi lewat digital

Berkat kemajuan dan perkembangan teknologi, kini sebuah bisnis baru tak perlu direpotkan dengan biaya promosi melalui media cetak ataupun elektronik. Karena berkat internet saat ini, Anda bisa melakukan promosi dengan biaya paling murah, bahkan hampir gratis dan sangat efektif! Cukup  dengan tekun memasang iklan lewat internet dan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram maupun twitter maka Anda sudah bisa cukup dikenal oleh konsumen Anda. Dengan begitu, pinjaman modal mudah yang telah Anda dapat bisa dialokasikan untuk hal lain.

Yang terpenting adalah Anda harus memahami tentang cara kerja dari pemasaran secara digital tersebut. Jika masih belum, ada baiknya Anda bergabung dengan berbagai komunitas seperti YellowPages yang akan membantu bisnis Anda di era digital seperti sekarang ini.

Fokus kepada pembelian peralatan kerja

Setelah Anda berhasil mengirit biaya promosi, maka selanjutnya adalah fokus terhadap pembelian peralatan kerja untuk mendukung kebutuhan produksi UMKM Anda. Peralatan ini bisa berupa mesin produksi, hingga peralatan pendukung lainnya. Setelah semua telah terpenuhi maka pinjaman modal mudah yang dimiliki pun bisa di alokasikan ke kebutuhan lainnya, yaitu:

Kebutuhan karyawan atau pegawai

Jika peralatan produksi sudah ada, lantas siapa yang mengoperasikan? Sudah tentu Anda membutuhkan alokasi dana untuk membiayai beberapa karyawan atau pegawai untuk proses produksi selanjutnya.

Pastikan produk Anda berkualitas

Dalam sebuah usaha, setiap produk yang disajikan baik itu barang ataupun jasa haruslah memiliki kualitas yang terbaik. Dengan begitu, alokasi dana selanjutnya adalah untuk membeli bahan baku untuk menunjang hal tersebut. Setelah semua di atas terpenuhi, maka saatnya Anda mengalokasi pinjaman modal mudah Anda sebelumnya untuk hal ini sebagai tahap akhir.

Yang harus Anda ingat dalam hal ini adalah sebaik apapun pemasaran, sumber daya manusia, serta proses produksinya, tapi jika bahan-bahan yang digunakan menggunakan kualitas rendahan, maka sama saja itu tidak akan bisa diminati dan diterima oleh masyarakat.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai prioritas dalam alokasi dana bagi para pelaku UMKM baru. Untuk informasi lebih banyak dan lebih lengkap tentang wirausaha, bisnis, UMKM dan solusi dalam berwirausaha, maka Anda bisa langsung bergabung dengan YellowPages melalui website YellowPages. Kunjungi sekarang juga dan bersiaplah menjadi pengusaha yang sukses!

 

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.