Tips dan Artikel

Sah! Presiden Pastikan PPh Final UKM akan Turun Bulan Depan

2018 March 09 16:34

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) turun menjadi 0,5% dari yang sebelumnya sebesar 1%. Jokowi berjanji aturan tersebut bakal terbit pada akhir Maret ini.

“Ini sudah kami rapatkan tiga kali dan Insya Allah nanti akhir bulan ini pajaknya akan kita turunkan dari 1% menjadi 0,5% menjadi setengah persen,” kata Jokowi saat membuka acara Rapimnas Hipmi di Hotel Novotel, Banten, Rabu (7/3/2018).

Jokowi menjelaskan pengenaan pajak 1 persen ini merupakan salah satu hal yang paling sering dikeluhkan pelaku UMKM. Pemerintah pun telah tiga kali melakukan pembahasan dalam rapat terkait hal ini. Hasilnya diputuskan tarif PPh UMKM diturunkan menjadi 0,5 persen. Payung hukumnya akan segera terbit akhir bulan ini.

Presiden juga memaparkan ada fasilitas lain bagi UMKM pada tahun ini. Fasilitas tersebut dimulai dari bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 7 persen hingga bank wakaf mikro yang disebutnya tidak menarik bunga, tapi hanya biaya administrasi sebesar 2 persen saja.

“Untuk KUR diharap bukan 7 persen saja, tapi (alokasi) jumlahnya juga ditambah,” kata Jokowi.

Sedangkan untuk bank wakaf mikro akan cocok untuk menggerakkan bisnis berbasis komunitas seperti pesantren. Oleh sebab itu Jokowi meminta Hipmi membantu pemerintah dengan mensosialisasikan pendanaan model ini. Menurutnya, modal satu bank wakaf mikro sebesar Rp 6 miliar hingga Rp 8 miliar sudah lebih dari cukup untuk pesantren. (inf)

(***) 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.