Tips dan Artikel

:

Selain Kualitas Rasa, 3 Resep Ini Jadi Penentu Suksesnya Bisnis Kafe

2018 January 29 12:09

Saat ini memang bisnis kafe sedang sangat menjamur di berbagai kota di Indonesia. Kafe ini tidak hanya tersebar di kota-kota besar saja, tapi juga di kota-kota kecil. 

Ibaratnya pertumbuhan kedai kopi sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Bisnis kafe ini begitu diminati oleh banyak orang. Kebanyakan menganggap bahwa bisnis ini cukup menjanjikan jika kamu tau bagaimana cara mengembangkannya.

Memang membuka bisnis kafe tidaklah semudah membuat sebuah mie instan. Kelihatannya memang mudah, tapi bisnis ini sebenarnya merupakan bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. 

Sebenarnya bisnis ini tidak bisa sukses hanya berdasarkan modal belaka saja. Tapi ada baiknya sekarang kamu simak dulu artikel berikut ini:

1. Rajin Riset ke Kafe-Kafe Hits

Rajin-rajin deh jalan ke kafe-kafe, khususnya yang digandrungi para remaja. Semacam melakukan riset atau survei. Kenali rasa dan harga, juga karakter dari pelanggan di masing-masing kafe tersebut.

Nanti baru kamu bisa menetapkan harga yang relatif lebih murah dan punya kualitas rasa sama atau lebih nikmat dari kafe yang pernah kamu kunjungi. Tapi ingat, kamu juga perlu bahan yang mahal untuk menghadirkan sajian yang mampu memberi kepuasan penuh kepada pelanggan. 

Kreativitas mengolah tampilan dan juga cita rasa di dalamnya akan membantu kamu untuk menghemat cost secara signifikan nantinya.

2. Pelayanan

Tidak melulu soal rasa, langgengnya kafe kamu akan sangat ditentukan juga oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Pastikan bahwa customer kamu merasa disambut setiap kali datang ke kafe kamu kelak.

Karena kenyamanan yang di dapatkan di kafe tersebut juga menjadi incaran para customer kamu. Pelajarilah bagaimana pelayanan yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Hal-hal kecil seperti kontak mata, mengingat nama, selera atau memulai obrolan kecil kadang dapat menjadi pembeda antara layanan kafe kamu dengan yang lain.

3. Kesinambungan Lokasi, Design dan Target Pelanggan

Jangan pernah asal jualan ataupun asal jadi, karena persaingan di jaman sekarang sangatlah ketat. Setelah ide dan konsep kamu matang, sesuaikan dengan lokasi dan konsep desain interiornya. Jangan sampai orang lain menilainya ‘Tidak nyambung”. 

Konsep ini juga mencakup bagaimana cita rasa dari setiap menu dan apa saja pola atau seni yang akan kamu tambahkan pada menu tersebut.

Jadi, sejatinya memulai bisnis atau usaha apapun itu gampang-gampang susah. Bukan cuma masalah budget, tapi tetapkan apa sih tujuan kamu sebenarnya membuka kedai kopi ini. Apa serius niat berbisinis? Atau hanya mengikuti tren maraknya kedai kopi dengan traffic yang tinggi saja?

(***)

Sumber: detik.com 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.