Tips dan Artikel

Strategi Marketing Ini Bisa Jadi Senjata Ampuh untuk Pelaku Usaha Saat Pandemi Lho!

2020 December 07 09:13

Adanya pandemi memberikan dampak yang cukup buruk untuk beberapa industri kecil menengah di Indonesia. Sektor usaha yang terdampak antara lain restoran, property, furniture, fashion, kerajinan, dan  beberapa sektor lainnya. Masalah yang paling dirasakan tentunya ada pada penjualan di masing-masing sekor. Lalu apa yang harus dilakukan pelaku usaha untu menaikkan kembali penjualannya? Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat pelaku usaha lakukan di tengah pandemi Covid-19.

  1. Pindahkan fokus mencari pembeli baru, akan lebih baik jika kita memaksimalkan target ke pelanggan setia. Namanya pelanggan pasti sudah percaya dengan produk yang kita hasilkan dan kemungkinan mereka akan lebih memahami meskipun ada kendala.
  2. Gunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan baik untuk memberitahukan kendala maupun info lain terkait produk yang YPagers miliki.
  3. Memperbanyak stok barang akan jadi persiapan kita yang bisa menjadi amunisi apabila kondisi semakin tidak kondusif. Namun pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi cashflow yang ada ya.
  4. Lakukan promosi yang tepat untuk tetap menarik hati pelanggan setia maupun pembeli baru. Jika memungkinkan tawarkan diskon kepada pelanggan mengingat banyak juga masyarakat yang terkena dampak covid-19. Selain diskon, YPagers juga bisa memberikan promosi lain seperti gratis ongkir, atau potongan harga, hingga promo bundling produk.
  5. Meskipun tidak bisa keluar rumah, kita bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produk. Banyak platform yang bisa kita gunakan seperti website, marketplace, media sosial, atau aplikasi messenger.
  6. Buat katalog online yang mudah dibagikan untuk memudahkan pelanggan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
  7. Lakukan branding melalui online secara kontinyu di berbagai platform digital yang bisa kita jangkau baik dari segi finansial maupun teknologinya.

Pemanfaatan penjualan secara online harus kita maksimalkan untuk meningkatkan pendapatan di tengah pandemi seperti sekarang ini.Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang juga beralih ke cara belanja online seiring adanya himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Semoga info yang kami sajikan dapat memberikan manfaat ya. Semangat pagi, YPagers!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.