Tips dan Artikel

Tak Terfikirkan, Bisnis Kardus Sepatu Transparan Ternyata Bisa Meraih Keuntungan Berlipat Ganda

2018 August 30 11:08

Siapa yang sangka bahwa ternyata kebutuhan akan tempat penyimpanan sepatu semakin diminati oleh mereka yang gemar mengkoleksi sepatu. Berdasarkan hal ini juga, mulai muncul sebuah ide untuk menciptakan sebuah kotak sepatu berbentuk transparan agar koleksi sepatu yang disimpan lebih mudah untuk dicari. Menariknya, tren penggunaan kotak sepatu transparan ini semakin meningkat. Sementara untuk peluang usaha, menggeluti bisnis ini ternyata cukup menjanjikan. Bagaimanakah ceritanya? Berikut YellowPages telah merangkumnya hanya untuk Anda, Sobiz.

Adalah Tia Adisuwono, salah satu pengusaha yang bergerak di bidang pembuatan kotak sepatu transparan berlabel Tiara Box Indonesia dan bermarkas di Jakarta. Tia sendiri sudah melihat peluang ini sejak tahun 2006 dan sejak itu pula ia memutuskan untuk mulai menggeluti peluang usaha yang sangat menjanjikan ini. Tia beranggapan, jika sebuah sepatu disimpan ataupun dijual menggunakan kotak transparan, maka itu akan menambah nilai jual dari sepatu tersebut.

Terinsiprasi dari gaya hidup wanita masa kin

Tia juga mengaku bahwa ia sangat terinspirasi dari para wanita yang gemar mengkoleksi sepatu demi alasan fashion. Sebagai wanita juga, ia pun lebih mudah dalam memahami target pasar yang akan ia tuju. Ia menambahkan bahwa persoalan yang kerap terjadi jika wanita mengkoleksi banyak sepatu adalah sulitnya menemukan sepatu yang akan dikenakan karena tersimpan dalam wadah kotak yang tertutup.

Membuat sepatu menjadi lebih awet

Tak hanya sampai disitu, Tia juga menuturkan bahwa penggunaan kotak sepatu transparan ini bisa menambah tingkat keawetan dari sepatu. Pasalnya, Tia selalu memasang fitur ventilasi di sisi-sisi kotak sepatu yang ia pasarkan. Selain menambah keawetan, trik seperti ini bisa mengurangi timbulnya aroma tak sedap jika sepatu disimpan kembali setelah seharian digunakan. Produk kotak sepatu transaparan yang dipasarkannya pun telah teruji ramah lingkungan dan tidak cepat rusak.

Keuntungan yang dihasilkan

Berkat ide unik yang ia kembangkan tersebut, Tia mengaku telah mendapat banyak konsumen dari beragam kalangan. Mulai dari artis, istri pejabat dan lain-lain yang memang gemar dalam mengkoleksi sepatu. Berkat kepopuleran usahanya tersebut, Tia mampu meraih omzet sekitar Rp 100 juta hingga Rp 250 juta per bulannya.  Bahkan tak jarang, ia kerap menerima orderan dari mancanegara yang membuat usahanya ini semakin terkenal. Sungguh sebuah keuntungan yang berlipat dari sekedar menjual kotak sepatu berbahan dasar plastik.

Saat ini, usaha kotak sepatu transparan miliknya berhasil memproduksi sedikitnya 50,000 hingga 100.000 kotak sepatu setiap bulannya, dengan masing-masing kotak dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung kepada model serta bentuk dan ukuran yang diinginkan oleh konsumen.

Bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis?

Untuk persaingan secara lokal, Tia mengaku tak khawatir. Namun yang ia khawatirkan adalah produk-produk asal Taiwan dan China yang perlahan mulai memasuki Indonesia. Ia mengaku bahwa produk import seperti itu mampu merusak pasaran harga yang ia berikan. Akan tetapi Tia tetap optimis dan yakin bahwa ia mampu memenangkan persaingan lewat inovasi-inovasi yang ia lakukan.

Perlahan, usaha kotak transparan miliknya tak lagi hanya untuk sepatu melainkan juga sebagian tempat menyimpan kebaya, souvenir, alat tulis, tas, hingga gaun. Semuanya tentu berbahan dasar plastik yang ramah lingkungan.

Inovasi ini pun dilakukannya berdasarkan pengalamannya sebagai wanita. Karena idealnya seorang wanita tidak hanya akan mengkoleksi sepatu saja, melainkan juga gemar mengkoleksi pakaian, tas dan lain sebagainya. Hingga kini, usaha milik Tia ini telah mampu menciptakan 12 jenis kotak transparan untuk berbagai kebutuhan.

Bagaimana menurut Anda Sobiz, sungguh sebuah potensi peluang usaha yang menjanjikan bukan? Sobiz juga bisa ikutan dalam mewujudkan usaha impian dengan bergabung bersama YellowPages. Di sini, Sobiz bisa menemukan berbagai macam solusi dari setiap permasalahan usaha, bahkan mendapatkan bantuan serta dukungan dalam bentuk pendanaan.

Untuk itu, segera kunjungi website resmi YellowPages di YellowPages sekarang juga!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.