Tips dan Artikel

Tetap Aman Bersepeda Saat Pandemi Covid-19. Ini Dia Tipsnya!

2020 October 24 01:57

Di masa pandemi, kita harus tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu olahraga yang sangat diminati saat ini adalah bersepeda. Tapi bersepeda di tengah pademi juga dapat meningkatkan risiko terinfeksi apabila kita tidak mengikuti protokol kesehatan. Jadi, bagaimana agar kita tetap aman bersepeda di tengah pandemi? Simak tips berikut ini, YPagers!

Selalu gunakan alat pelindung diri

Selama bersepeda pastikan agar tidak lupa untuk menggunakan alat pelindung diri. Mulai dari helm, pelindung lutut, hingga senter sepeda jika YPagers bersepeda di malam hari. Terlebih jika YPagers bersepeda di jalan besar yang ramai.

Jangan lupa pakai masker

Selama pandemi, penggunaan masker menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga diri sendiri maupun orang lain dari penularan penyakit. Gunakan lah masker yang mudah menyerap keringat agar kegiatan bersepeda tetap nyaman.

Selalu membawa air minum

Menjaga diri agar tak dehidrasi juga penting. Oleh sebab itu pastikan untuk membawa air minum setiap YPagers bersepeda.

Bawa selalu hand sanitizer

Mencuci tangan dengan air dan sabun adalah salah satu protokol kesehatan yang juga wajib dilakukan selain menggunakan masker. Namun jika selama bersepda tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, sediakan selalu hand sanitizer untuk mematikan kuman baik di tangan maupun benda-benda yang YPagers sentuh.

Pilih rute yang sepi dan atur waktu

Ada baiknya jika sebelum bersepeda YPagers mencari rute yang tidak ramai. Atur juga waktu bersepeda agar tidak bersamaan dengan banyak orang.

Tetap menjaga jarak

Tak kalah penting dengan penggunaan masker dan mencuci tangan, menjaga jarak juga wajib dilakukan selama bersepeda. Setidaknya jagalah jarak YPagers dengan pesepeda lain sekitar 1,5 meter ya.

Lebih baik bersepeda dengan anggota keluarga

Minimalisir risiko terinfeksi dengan memilih kelompok bersepeda. Akan lebih aman jika YPagers bersepeda dengan keluarga atau kerabat yang tinggal serumah.

Batasi jumlah kelompok

Agar tetap bisa menjaga jarak, akan lebih baik jika YPagers membatasi jumlah orang saat bersepeda. Usahakan jumlah maksimal orang adalah 5 pesepeda.

Lakukan tes pemeriksaan Covid-19

Jika YPagers ingin membuat kelompok bersepeda yang bukan anggota keluarga, maka penting untuk melakukan tes pemeriksaan covid-19. Setiap anggota kelompok harus memiliki hasil tes negatif agar kegiatan bersepeda tetap aman. Jangan lupa pula untuk selalu mengikuti protocol kesehatan ya!

Langsung pulang dan mandi

Ketika kegiatan bersepeda sudah selesai, baiknya lekas kembali ke rumah dan bersihkan diri dengan segera mandi. Hindari lah makan maupun minum bersama setelah bersepeda untuk meminimalisir penularan. Karena kegiatan makan atau minum bersama membuat kita harus membuka masker, sehingga risiko penularan menjadi tinggi.

Sumber: https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/29/080500223/pandemi-covid-19-simak-10-tips-aman-bersepeda-agar-tak-kena-corona?page=all

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.