Tips dan Artikel

Tips Bagi Pelaku Usaha untuk Bertahan Hingga Akhir Tahun di Tengah Pandemi

2020 December 03 09:29

Sejak adanya pandemi tidak sedikit pelaku usaha yang berjuang keras untuk tetap bertahan dengan usaha yang dijalankannya di tengah pembatasan sosial. Cashflow yang terbatas membuat banyak pelaku usaha harus mencari cara baru untuk berbisnis atau bahkan terpaksa menghentikan usaha yang dijalankan.­ Namun ternyata ada beberapa cara yang dapat pelaku usaha lakukan untuk bertahan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

  1. Buat perencanaan keuangan jangka panjang, minimal tiga bulan. Ini berlaku bagi setiap pelaku usaha yang memiliki pengeluaran rutin setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk memantau cashflow, sehingga jika ada ketidaksesuaian dapat ditangani sesegera mungkin.
  2. Periksa opsi keuangan untuk usahamu. Sebagai pelaku usaha, sangatlah penting untuk mengetahui semua opsi bantuan dalam yang bisa didapatkan. Ini akan sangat membantumu di tengah pandemi seperti sekarang ini, YPagers.
  3. Jadikan usahamu lebih fleksibel, YPagers! Di saat seperti ini, penting bagi setiap pelaku usaha untuk bisa beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Jika memungkinkan, usahakan produk atau layanan yang YPagers kelola dapat diakses secara daring. Jika membuat websiter terlalu sulit, mulailah dengan platform media sosial yang YPagers kuasai.
  4. Tetap berkomunikasi dengan pelaku usaha lain sangat penting lho! Baik sekedar berbagi cerita, nasihat atau memberi dukungan untuk membuka mata bahwa kita tidak sendirian di tengah kondisi sulit seperti ini. Jangan jadikan pelaku usaha lain sebagai pesaingmu, namun jadilah pelaku usaha yang saling berkolaborasi.

Nah, YPagers.. jangan berputus asa karena pandemi ya. Jadilah proaktif dalam mengkomunikasikan usaha yang dijalankan akan usahamu dapat didengar dan membuka banyak peluang. Tetap semangat ya! Syat safe, stay health everyone…

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.