Tips dan Artikel

Tips Dan Trik Memulai Bisnis Di Bidang Kuliner Bagi UMKM

2018 July 19 08:06

“Siapa orang yang tidak butuh makan?” Pertanyaan retorika ini seringkali menjadi dasar bagi orang-orang yang ingin memulai sebuah usaha di bidang kuliner. Faktanya, memang benar bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan mati dimakan zaman dan mampu memberikan keuntungan secara cepat.

Bahkan, di zaman sekarang ini sudah banyak para pebisnis yang mengkombinasikan antara kuliner dan kreatifitas, sehingga sering disebut sebagai kuliner “kekinian”. Melihat fenomena ini, Anda mungkin tertarik untuk mulai menggeluti bisnis kuliner, tapi ternyata untuk membuka bisnis kuliner tidak harus berawal dari kafe ataupun restoran besar. Bahkan dengan hanya memanfaatkan pinjaman modal mudah, Anda sudah bisa memulainya.

Pasalnya UMKM kuliner saat ini pun terus mengalami pertumbuhan dan cukup diminati oleh banyak orang. Dan tanpa perlu berlama-lama, berikut beberapa tips singkat sebagai langkah awal untuk membuka UMKM kuliner.

Mencari modal awal untuk UMKM kuliner

Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Tapi, sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu ide bisnis kuliner seperti apa yang akan Anda jalankan. Jika ternyata ide Anda membutuhkan modal yang lumayan besar, maka Anda bisa mencari pinjaman modal mudah terlebih dahulu. Entah itu dari pinjaman keluarga, kerabat, pegadaian, koperasi ataupun dengan bergabung bersama YellowPages. Yang terpenting adalah memanfaatkan modal dengan sebaik-baiknya.

Mencari lokasi usaha yang strategis

Untuk lokasi, pastikan Anda memilih lokasi yang strategis, di mana sering dilalui oleh banyak orang dan dekat dengan salah satu titik keramaian. Setelahnya, Anda harus pastikan bahwa lokasi tersebut sesuai dengan modal yang Anda miliki seperti dalam hal penyewaan atau pembelian tempat.

Namun di era yang modern ini, Anda juga bisa memanfaatkan digital untuk berjualan tanpa harus sibuk memikirkan lokasi. Semuanya kembali kepada keputusan Anda. Tapi jika Anda memutuskan untuk berjualan di lokasi, maka usahakan Anda mendapatkan tempat yang dekat dengan sekolah, kampu, ataupun kawasan perkantoran yang ramai orang.

Menyiapkan sebuah menu andalan

Ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di luar sana saat ini, apakah semuanya sama? Tentu tidak. Mereka memiliki identitas dan karakter sendiri lewat menu andalan yang ditawarkan kepada konsumen. Jadi tugas Anda selanjutnya adalah menciptakan sebuah menu andalan yang cukup unik, berbeda dan tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Yang perlu diingat adalah, jika Anda hanya mengandalkan pinjaman modal mudah untuk berbisnis, maka sesuaikan menu tersebut dengan target market yang Anda tuju.

Memahami target pemasaran UMKM kuliner Anda

Masih melanjutkan pembahasan dari poin di atas, maka pemahaman Anda tentang target pasar yang dituju sangat penting dalam hal bisnis kuliner khususnya UMKM. Setidaknya, Anda harus paham apa yang menjadi selera masyarakat. Jika sudah, selanjutnya tinggal mengatur tentang menu makanan Anda agar bisa diterima masyarakat dengan harga yang sesuai.

Manfaatkan sosial media sebagai ajang promosi

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha Anda ke banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nanti mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.

Metode promosi dari mulut ke mulut memang yang terbaik untuk memasarkan bisnis Anda di tengah-tengah masyarakat.  Namun di zaman sekarang ini ada satu lagi cara yang ternyata juga cukup efektif, yaitu memanfaatkan sosial media seperti instagram, facebook serta twitter.

Sudah banyak contoh sebuah UMKM yang sukses memasarkan produknya lewat sosial media. Maka Anda bisa mempelajari sedikit tentang cara mereka memasarkan produknya lewat sosial media tersebut. Jika masih bingung dan butuh konsultasi lebih mendalam tentang promosi lewat sosial media, silahkan bergabung bersama YellowPages  dengan mengunjungi websitenya di YellowPages.  

Disini, bisnis UMKM Anda akan dibantu untuk lebih mengenal digital dan cara memanfaatkannya untuk kebutuhan bisnis, sehingga meraih keuntungan yang berlipat ganda.

Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.