Tips dan Artikel

Unik! Pemuda Semarang Ini Ubah Sampah Jadi Robot

2018 April 24 10:42

Pria yang awalnya dikenal sebagai seniman tato, bernama Muhtarom (39) ini memiliki tampilan yang dibilang cukup unik. Ya, ia memiliki tato dan tindikan disekujur tubuhnya.

Pria unik ini bertempat tinggal di Jalan Gedongsongo Dalam, Manyaran, Semarang barat, masyarakat disana biasa memanggilnya ‘Lek Tarom’.

Lek Tarom ini memiliki kemampuan ide yang unik dan luar biasa, berawal dari kecintaannya dengan hobi menjelajahi alam, Lek Tarom sering sekali melihat para pengunjung yang sedang berta’aruf dengan alam pun malah tidak peduli dengan alam sekitar, dengan membuang sampah di sembarang tempat di aera hutan atau perjalanan mendaki gunung, timbul lah ide mulia sekaligus sangat kreatif dari kepala Lek Tarom.

Tangganya yang dipenuhi tato pun tanpa henti memotng, mengelem, atau pun membentuk sampah atau barang bekas untuk dijadikannya sebuah robot. Penggiat alam serta seniman tato ini merubah limbah-limbah tersebut menjadi sesuatu yang lebih berguna dan sangat antik.
Sejak 2017, Lek Tarom berhasil mewujudkannya, ia memilih robot sebagai perwujudan ide-ide kreatifnya. 

Dikutip dari Goodnewsfromindonesia, Selasa (24/04/2018) Menurutnya, robot dipilih karena penampilannya yang tidak memerlukan detail yang sangat rumit, seperti manusia, walaupun robot hasil karyanya bisa dibilang cukup detail dan rumit pula. Jiwa seninya dituangkan ke dalam karyanya ini.

Gambar: Good News From Indonesia
Pekerjaan kreatifnya ini pun mulai menarik perhatian anak-anak di sekitar lingkungannya. Dan ini membuatnya lebih tergugah dengan membagi jiwa seninya ke anak-anak. Setiap hari minggu, atau hari libur, anak-anak dan remaja berdatangan ke rumahnya, untuk bersama-sama membuat robot dari sampah.

Action figure robot hasil karyanya pun sangat unik dan futuristik. Limbah bekas korek, keypad hp, bungkus sabun, atau bekas alat cukur bisa di rubahnya menjadi miniature robot yang luarbiasa. 

ke depannya, Lek Tarom mempunyai mimpi, bahwa limbah-limbah sampah ini tidak lagi mengotori alam melainkan menjadi sesuatu yang berguna dan karya seni yang bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat di lingkungannya.
Karya seni yang indah, tidak selalu berasal dari barang-barang yang mahal, sampah-sampah atau limbah tidak terpakai pun bisa terwujud menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Keren kan ide nya Lek Tarom? Apakah kamu nggak malu masih membuang sampah sembarangan di hutam maupun alam sekitar? (akw)

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.