Tips dan Artikel

Wajib Baca! 7 Tips Aman Begadang Untuk yang Terpaksa Melek Tengah Malam.

2020 February 11 02:21

Bukan rahasia lagi bahwa begadang memiliki begitu banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun bagi sebagian orang ada kalanya terpaksa harus menahan kantuk tengah malam karena tuntutan pekerjaan, tanggung jawab pada tugas, atau menjaga keluarga yang sedang sakit.

Tubuh manusia didesain untuk melakukan aktivitas di siang hari dan istirahat di malam harinya. Oleh sebab itu, memangkas jam tidur dengn begadang tentu akan membawa dampak negative bagi kesehatan. Nah! Jika memang YPagers terpaksa harus begadang, simak 7 tips berikut agar badan tetap enak meskipun begadang ya!

  1. Sebisa mungkin curi waktu di siang hari untuk tidur selama 15-20 menit. Tabungan waktu tidur ini akan membantu tubuh menyesuaikan siklus begadang. Saat terbangun, YPagers berada di tahap awal siklus tidur yang membuat tubuh lebih segar untuk menyambut waktu begadang.
  2. Hindari lampu yang bercahaya redup dan nyalakan lampu sterag mungkin saat begadang, karena internal tubuh manusia sangat sensitif terhadap cahaya terang. Dengan adanya cahaya terang, tubuh akan mengira belum saatnya untuk tidur.
  3. Hindari minum kopi lebih dari dua gelas agar fokus tidak hilang. Akan lebih baik jika YPagers meminum kopinya di siang hari sebelum begadang.
  4. Sebaiknya hindari konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi karena akan membuat lebih cepat mengantuk. YPagers bisa menggantinya dengan makan camilan berprotein tinggi. Bisa kacang-kacangan, buah-buahan, atau yogurt.
  5. Lakukan peregangan ringan saat begadang. Sering-sering bergerak atau sekedar berjalan-jalan minimal 10 menit dapat meningkatkan energy untuk dua jam selanjutnya.
  6. Kalau ruangan YPagers menggunakan AC, atur suhu ruangan dititik 22-23 derajat. Suhu yang terlalu panas bisa membuat cepat lelah dan akhirnya mengantuk. Nah! Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin akan membuat tubuh nyaman  dan keinginan untuk tidur meningkat.
  7. Hindari minum minuman penambah energi. Karena malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk detoksifikasi. Jika YPagers minum minuman berenergi, akan membuat kerja ginjal lebih berat. Efek buruknya bisa sampai gagal ginjal lho! Lebih baik minum air putih kan?!

Nah, YPagers meskipun tips di atas bisa dijadikan ‘andalan’, jangan jadikan begadang sebagai rutinitas ya. Tetap jalani hidup sehat dengan istirahat yang cukup, YPagers!

Sumber:  www.hipwee.com/tips/tips-begadang-sehat/

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.