Tips dan Artikel

Waspada! Ini 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Sedang Lemah

2018 May 14 13:01

Memiliki kekebalan tubuh yang baik bisa melindungi tubuh dari kuman, bakteri, virus, parasit, jamur, dan benda asing atau bahkan logam berat. 

Kekebalan tubuh yang kuat bukan hanya menjauhkan tubuh dari pilek dan batuk, tetapi juga menjauhkan tubuh dari penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, infeksi ginjal, infeksi usus, hingga kondisi autoimun.

Ya, manusia hidup dikelilingi oleh patogen, mulai dari makan, minum, dan bernapas. Tetapi tidak semua orang mudah jatuh sakit karena patogen, ini karena kekebalan tubuh yang baik. 

Namun ada kalanya sistem imun tubuh berada dalam kondisi yang tidak prima. Terkadang, banyak orang tak sadar, jika kekebalan tubuhnya menurun.

Agar bisa mengetahui bagaimana kondisi kekebalan tubuh kamu, kami berikan 5 tanda yang perlu kamu ketahui saat kekebalan tubuh mulai drop seperti dikutip dari Times of India.

1. Gampang Sakit

Jika kamu sering jatuh sakit, cepet flu, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan ruam kulit terus-terusan, maka sangat mungkin sistem kekebalan tubuh kamu terganggu. 

Selain itu, sering mengalami infeksi saluran kemih, diare, gusi meradang, sariawan, pembengkakan kelenjar getah bening juga menjadi tanda sistem imun kamu sedang melemah tuh Sobiz.

2. Suhu Tubuh Rendah

Banyak orang jatuh sakit karena perubahan dalam cuaca. Ini bisa disebabkan suhu tubuh kamu yang rendah. Suhu tubuh orang yang normal akan mendukung sistem kekebalan tubuh menjadi kuat, maka suhu tubuh kamu tidak boleh berada di bawah 36,3 derajat Celsius. Nah, rajin-rajin cek pakai termometer ya, Sobiz

Jika tubuh rendah hingga 33 derajat Celsius, virus flu seperti Rhinovirus akan mudah berkembang. Cara yang simple untuk menjaganya sih kamu hanya butuh berolahraga teratur. 

Dengan berolahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan suhu tubuh dan menjaga mekanisme pertahanan. 

Bahkan, jika kamu rajin mengonsumsi rempah-rempah hangat seperti bawang putih, jahe, kayu manis, cengkeh. Percaya deh, kebiasaan ini pula dapat bekerja dengan sangat baik untuk tubuh kamu.

3. Jarang Demam

Kamu termasuk yang jarang demam selama hidup? Eits… Sobiz, jangan senang dulu karena hal ini patut dicurigai. Pasalnya demam merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh. 

Demam adalah cara tubuh melawan penyakit, tetapi kebanyakan kita malah meminum obat untuk menekan demam dan tidak membiarkannya bekerja untuk tubuh.

Jika kamu belum mengalami demam selama bertahun-tahun meskipun mengalami infeksi, bisa jadi itu adalah pertanda sistem imun tubuh yang buruk.

4. Kesehatan Usus yang Buruk

Percaya tidak? Sekitar 80 persen daya tahan tubuh berasal dari usus. Konstipasi kronis, gangguan pencernaan, perut kembung, atau asam lambung naik adalah tanda-tanda kesehatan usus yang buruk, yang dikirim tubuh untuk memberitahu bahwa daya tahan tubuh sedang lemah.

Nah, mungkin kamu sempat merasakan warning seperti di atas kan, tapi mungkin kamu lebih sering mengabaikannya.

Perlu kamu ketahui ya Sobiz, terganggunya kesehatan usus menandakan ketidakseimbangan antara bakteri usus yang baik dan jahat. Oleh karena itu kamu perlu konsumsi asupan probiotik untuk mengembalikan kesehatan usus mu.

5. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D adalah sumber kekebalan tubuh. Jika vitamin D kamu rendah, kamu harus berusaha keras untuk meningkatkan levelnya ke level tertinggi. 

Terlepas dari itu, tanda-tanda seperti kelelahan yang tiba-tiba, kelelahan, lesu, lemas, cedera yang membutuhkan waktu lebih lama sembuhnya, insomnia, depresi hingga lingkaran hitam di bawah mata semuanya mengarah pada sistem imun yang rendah.

Masih mengabaikan kelima pertanda di atas? Hati-hati Sobiz, saranku sih segera berobat dan berikan perhatian yang extra untuk tubuh kamu ya Sobiz. Karena sehat itu mahal lho harganya. 🙂 (akw)

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.