Tips dan Artikel

Work From Home? Ini 7 Cara Agar Kerja Tetap Produktif dan Efektif!

2020 March 18 07:16

Bertambahnya jumlah pasien dengan covid-19 membuat beberapa perusahaan mengambil kebijakan untuk karyawannya bekerja dari rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan karyawan melalui cara membatasi kontak dengan orang lain. Dengan bekerja dari rumah jadwal menjadi lebih fleksibel. Namun pasti akan ada kesulitan yang muncul. Diantaranya mudahnya konsentrasi terganggu oleh banyak hal. Mulai dari nyamannya tempat tidur, media sosial, gim, atau bahkan anak yang mengajak bermain. Untuk itu, YellowPages punya tips agar produktivitas bekerja dari rumah meningkat. Yuk disimak!

  1. Buatlah lingkungan kerja yang rapi. Meskipun hanya bekerja dari rumah, tapi dengan lingkungan yang rapi akan membuat aktivitas bekerja menjadi lebih nyaman dan tenang, serta lebih fokus.
  2. Buatlah lingkungan kerja yang kondusif. Kondusif di sini artinya tenang dan mendukung, dengan begitu akan membantu lebih termotivasi untuk bekerja. Hal ini bisa dilakukan dengan merancang ruang kerjamu sendiri.
  3. Sama seperti bekerja di kantor, buatlah to do list. Jadwalkan pekerjaan apa saja yang harus YPagers lakukan selama bekerja dari rumah.
  4. Sesekali, istirahatkan tubuh dan pikiran dengan menghirup udara di luar ruangan. Jika tidak memungkinkan untuk keluar rumah, YPagers bisa berdiri di dekat jendela rumah atau pergi ke balkon lantai atas.
  5. Buatlah dirimu berada pada mode kerja dengan menetapkan rutinitas pagi seperti biasanya. Atur alarm seperti pagi-pagi sebelumnya, sarapan, dan berpakaian yang nyaman.
  6. Pastikan keluarga dan kerabat atau teman tahu bahwa meskipun YPagers di rumah, bukan berarti sedang bersantai-santai. Buat mereka tahu bahwa YPagers memiliki tanggung jawab untuk tetap bekerja. Bila perlu, bagikan hasil kerja ke grup kantormu.
  7. Selain melakukan pekerjaan seperti di kantor, pastikan untuk tetap berinteraksi dengan rekan kerja. Gunakan headset ketika berkomunikasi dengan rekan kerja, agar pekerjaan yang sedang dilakukan tidak terganggu.

Nah, YPagers. Ketujuh tips tadi bisa dilakukan selama kebijakan untuk bekerja dari rumah berlangsung. Semoga tips kali ini bermanfaat ya. Tetap sehat dan semangat pagi!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.