Wijaya Karya PT Persero Tbk

Jl Adipati Kertabumi 21

Detail Bisnis

WIKA dibentuk oleh proses nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda bernama, Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co. atau NV Vis en Co. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 2/1960 dan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) Keputusan No. 5 tanggal 11 Maret 1960, diberi nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. Bidang usaha WIKA pada saat itu adalah instalasi instalasi listrik dan air. Pada awal 1960-an, WIKA mengambil bagian dalam proyek pembangunan Gelanggang Olah Raga Bung Karno dalam rangka Games of New Emerging Forces (GANEFO) dan pemakaman Asian Games ke-4 di Jakarta.

Berbagai perbaikan dilakukan di lembur agar terus berkembang, begitu juga dedikasi WIKA untuk menyumbangkan pengembangan bangsa kita dengan menyediakan jasa konstruksi di seluruh negeri.

Pertumbuhan signifikan pertama terjadi pada tahun 1972, ketika Perusahaan Negara Widjaja Karja diubah menjadi PT Wijaya Karya. WIKA kemudian berkembang menjadi kontraktor konstruksi dengan menangani berbagai proyek penting, seperti pemasangan jaringan listrik di Asahan dan proyek irigasi Jatiluhur.

Satu dekade kemudian, pada tahun 1982, WIKA melakukan ekspansi dengan pendirian beberapa divisi baru, seperti Divisi Sipil Konstruksi, Divisi Bangunan, Divisi Fasilitas Perumahan, Divisi Produk Beton dan Logam, Divisi Konstruksi Industri, Divisi Energi, dan Divisi Perdagangan. Banyak proyek sedang ditangani saat itu, antara lain Gedung LIPI, Gedung Bukopin, dan Proyek Konstruksi dan Irigasi. Apalagi dengan pertumbuhan anak perusahaannya yang progresif di sektor industri konstruksi, WIKA telah berubah menjadi perusahaan infrastruktur terpadu dan sinergis.

Keahlian personil WIKA di industri konstruksi telah mendorong Perseroan untuk lebih jauh mengeksplorasi di berbagai bidang bisnis dengan mendirikan sejumlah anak perusahaannya untuk menjadi independen sebagai usaha bisnis yang mengkhususkan diri dalam menciptakan produk mereka masing-masing. Pada tahun 1997, WIKA mendirikan anak perusahaan pertamanya, bernama PT Wijaya Karya Beton, sebuah cerminan seberapa cepat Divisi Beton berkembang di WIKA pada saat itu.

Kegiatan PT Wijaya Karya Beton saat itu, antara lain, adalah penyediaan jalur rel untuk konstruksi jalur ganda Manggarai di Jakarta, konstruksi Grati Gas and Steam Power Station (PLTGU) dan juga jembatan kabel-jembatan Barelang di Batam. Pembentukan PT Wijaya Karya Realty pada tahun 2000 karena perluasan Divisi Realty mengikuti langkah-langkah PT Wijaya Karya Beton. Selanjutnya pada tahun yang sama, PT Wijaya Karya Intrade juga didirikan sebagai perluasan Divisi Industri dan Komersial.

Semakin banyak perusahaan berkembang, tingkat kepercayaan publik yang lebih tinggi terhadap capablility perusahaan. Hal ini mencerminkan prestasi WIKA dalam melakukan Penawaran Umum Saham Perdana (Initial Public Offering / IPO) pada tanggal 27 Oktober 2007 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam kesempatan tersebut, WIKA melepas 28,64 persen saham ke publik, sehingga Pemerintah Indonesia memiliki 68,42 persen saham, dan sisanya dimiliki oleh masyarakat termasuk karyawan WIKA melalui Program Opsi Saham Karyawan / Manajemen (E / MSOP), dan Alokasi Saham Karyawan (ESA).

Sementara itu, ekspansi tindakan divisi menjadi anak perusahaan independen terus berlanjut. WIKA mendirikan PT Wijaya Karya Gedung pada tahun 2008 sebagai anak perusahaan yang mengkhususkan pada pengembangan usaha bangunan bertingkat tinggi. WIKA juga mengakuisisi 70,08 persen saham PT Catur Insani Pertiwi yang mengkhususkan diri pada bisnis mechanical-electrical, setelah itu nama perusahaan PT Catur Insani Pertiwi diubah menjadi PT Wijaya Karya Insan Pertiwi. Bersama dengan PT Jasa Sarana dan RMI [HR1] mendirikan PT Wijaya Karya Jabar Power yang bergerak di bidang pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

WIKA beserta perusahaan lainnya berhasil menyelesaikan Jembatan Suramadu pada pertengahan 2009, sebuah proyek bergengsi yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Saat ini, banyak orang yang merasakan manfaat dari proyek tersebut.

Memasuki tahun 2010, WIKA menghadapi transformasi lingkungan bisnis dengan tantangan parutan. Untuk itu, WIKA telah membentuk Visi Perusahaan yang baru, yaitu 2020 VISI untuk menjadi salah satu Perusahaan EPC [HR2] dan Investasi Terpadu Terbaik di Asia Tenggara. Visi ini diyakini memberi arahan kepada seluruh jajaran WIKA untuk mencapai pertumbuhan yang optimal, sehat dan berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2012, WIKA berhasil menyelesaikan banyak proyek pembangkit listrik, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air 60MW Borang, Pembangkit Listrik Mesin Reman Gas 21MW, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel 34MW Ambon.

Ada lebih banyak perkembangan yang terjadi pada tahun 2013, seperti, mendirikan perusahaan patungan PT Prima Terminal Petikemas bersama PT Pelindo I (Persero) dan PT Hutama Karya (Persero), mengakuisisi saham PT Sarana Karya (Persero) yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, didirikan Perusahaan patungan baru, PT WIKA Kobe dan PT WIKA Krakatau Beton melalui anak perusahaan WIKA Beton, dan telah melakukan pembelian kembali saham untuk 6.018.500 saham dengan harga rata-rata Rp. 1,706,77


Wijaya Karya PT Persero Tbk adalah bisnis yang bergerak di bidang Listrik, Kontraktor - Industri . Binis ini terletak di lokasi Jl Adipati Kertabumi 21 . Anda juga dapat menghubungi bisnis ini melalui telepon di nomor 0224220251

YellowPages adalah website direktori listing bisnis Indonesia gratis dan terlengkap. YellowPages membantu pemilik usaha untuk melakukan promosi online secara mudah untuk memaksimalkan pemasaran online. Dengan memiliki listing bisnis di YellowPages Anda membuka akses dan informasi kepada jutaan potensial pelanggan usaha.
Temukan jutaan informasi daftar listing bisnis (alamat kantor, nomor telepon, alamat email, dan lainnya) lengkap dan valid lainnya hanya di YellowPages Indonesia .

1 Ulasan

  • PT. MAXINDO JAYA GEMILANG 5
    8 bulan yang lalu

    Selamat Pagi /Siang, Perkenalkan saya Abu dari PT. Maxindo Jaya Gemilang yg bergerak dibidang jasa Customs Clearance Import, [ International Freight Forwarding ], transportasi, Import borongan maupun resmi, undername import & export, kiranya kami dapat diberikan kesempatan untuk bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu disini. Untuk jasa yang kami tawarkan sebagai berikut: Jasa Customs Clearance Import Murah, Jasa Import Doort To Doort Murah, Jasa Import Borongan All In Murah, Jasa Pengiriman Barang Domestic Ke Seluruh Wilayah Indonesia Murah, Jasa Sewa Bendera Murah,====================================================== Hubungi Bpk. Abubakar Ishak 0812 8699 9778,===== E-mail : abubakar.ishak22@yahoo.com : exim.abupt.maxindojg@gmail.com

Berikan Ulasan

Lokasi Kami

ARTIKEL BISNIS PILIHAN

copyrights © 2018 MDMedia   All rights reserved.

;